Waduh, Petani Milenial di Cimahi Hanya Ada 12 Orang

Adi Haryanto · Sabtu, 19 Desember 2020 - 10:25:00 WIB
Waduh, Petani Milenial di Cimahi Hanya Ada 12 Orang
Petani di Kota Cimahi sedang memanen padi. Di tengah keterbatasan lahan pertanian, Pemkot Cimahi terus mendorong lahirnya petani milenial agar terjadi regenerasi. Foto : Istimewa

CIMAHI, iNews.id – Petani muda di Kota Cimahi masih sangat minim dan bisa dihitung dengan jari. Kondisi itu terjadi akibat pesatnya perkembangan industri dan minimnya lahan garapan.

"Hingga kini petani milenial (muda) di Cimahi yang terdata hanya ada 12 orang dengan rata-rata usia 19 sampai 39 tahun," kata Kabid Pertanian  Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi, Mita Mustikasari, Sabtu (19/12/2020).

Mereka di antaranya berkecimpung dalam sejumlah komoditas pertanian. Seperti hortikultura, sapi perah, palawaija (ubi jalar, ubi kayu, kacang tanah), padi, sawi, cabai rawit, dan sayur mayur lainnya.

Mita mengatakan, akan terus mendorong kaum muda di Kota Cimahi untuk menjadi petani. Hal ini sejalan dengan program petani milenial dari provinsi yang menargetkan bisa mencetak 1.000 petani milenial di 2021.

"Kalau melihat minat sebenarnya mereka itu cukup tinggi, hanya masih perlu bimbingan dan suport dari pemerintah, seperti  fasilitasi dan sarana produksi," ucapnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2