Volume Kendaraan Meningkat, Antrean Memanjang di Gerbang Tol Palimanan

Toiskandar ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 18:05 WIB
Volume Kendaraan Meningkat, Antrean Memanjang di Gerbang Tol Palimanan
Ribuan kendaraan memadati Gerbang Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Volume kendaraan terus meningkat dan memadati ruas Tol Cipali, tepatnya di ruas Gerbang Tol (GT) Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), pada Hari Raya Idul Fitri, Jumat (31/7/2020). Suasana arus mudik hari ini terus melonjak dibandingkan dengan Kamis kemarin.

Dari pantauan iNews pada Jumat sore, kendaraan tampak memadati ruas GT Palimanan. Banyaknya kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah membuat antrean kendaraan memanjang saat keluar di gerbang tol untuk transaksi.

Semakin sore, kepadatan kendaraan semakin meningkat memenuhi jalan tol. Sesekali kendaraan terhenti dan menurunkan kecepatan karena antrean panjang di sekitar ruas Tol Palimanan.

Antrean panjang ini juga disebabkan transaksi di Gerbang Tol Palimanan. Para pemudik harus mengantre cukup lama untuk bertransaksi di Tol Cipali dan kembali masuk ke ruas Tol Palimanan-Kanci (Palikanci).

Sejumlah pemudik yang diwawancarai mengaku sengaja memanfaatkan libur Idul Adha kali ini untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman masing masing. Apalagi, pada Idul Fitri lalu, mereka tidak bisa pulang karena ada larangan mudik dari pemerintah di tengah pandemi Covid-19.

“Saya mau ke Solo, mudik Idul Adha. Idul Fitri kemarin tidak bisa mudik. Tadi ngantrenya lama juga, harus pintar-pintar milih jalur,” kata pemudik, Jodi.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi sebelumnya mengatakan, berdasarkan informasi dari pengelola Jalan Tol Cipali Palimanan, memang ada peningkatan kuantitas kendaraan yang melewati gerbang Tol Palimanan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

“Arus lalu lintas yang melintas di gerbang Tol Palimanan tahun lalu dibandingkan dengan hari ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hampir sekitar 20 sampai 30 persen. Itu informasi dari pengelola jalan tol yang kami dapatkan,” kata Kapolresta.

Pengelola Tol Cipali membuka Gerbang Tol Palimanan dari arah Jakarta sebanyak delapan gardu utama dan tujuh gardu tambahan. Sementara itu petugas Polres Cirebon dan dari Astra Infra Tol Cipali terus disiagakan di lokasi.


Editor : Maria Christina