Volume Kendaraan ke Lembang KBB Naik 10 Persen, Lalu Lintas Masih Lengang

Adi Haryanto ยท Jumat, 12 Februari 2021 - 19:42:00 WIB
Volume Kendaraan ke Lembang KBB Naik 10 Persen, Lalu Lintas Masih Lengang
Volume kendaraan menuju kawasan Lembang Kabupaten Bandung Barat masih normal. Tidak terjadi kepadatan signifikan. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kendaraan menuju kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hanya naik 10 persen saat akhir pekan. Sebelumnya diprediksi akan terjadi kepadatan lalu lintas ke Lembanng disaat libur akhir pekan bertepatan dengan perayaan Imlek 2021.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti Samaniah menyebutkan, secara keseluruhan arus lalu lintas di wilayah Lembang dan sekitarnya lancar. Meski ada peningkatan volume kendaraan dibanding hari-hari biasa, tapi tidak sampai menimbulkan kemacetan parah. 

"Lalu lintas di Lembang lancar, kenaikan volume kendaraan hanya sekitar 10 persen dan tidak sampai menimbulkan kemacetan," ucapnya, Jumat (12/2/2021).

Menurutnya, libur Imlek kali ini memang ada yang dimanfaatkan oleh sejumlah warga untuk berlibur ke kawasan Lembang. Kebanyakan dari mereka adalah warga lokal di sekitar Bandung Raya, karena terlihat dari pelat nomer kendaraannya. 

Mereka kebanyakan berkunjung ke beberapa tempat wisata favorit The Great Asia Africa, Farm House, Floating Market, dan objek wisata lainnya. Namun karena kondisi masih pandemi Covid-19, wisatawan yang datang juga tidak terlalu banyak. 

"Biasanya di beberapa titik pintu masuk menuju tempat wisata ada antrean panjang kendaraan. Tapi kali ini terlihat lengang, wisatawan juga tidak terlalu banyak," kata dia. 

Meskipun masih ada dua hari lagi libur di akhir pekan ini, lanjut dia, diprediksi  tidak akan menyebabkan peningkatan volume kendaraan secara signifikan. Masyarakat banyak yang memilih tinggal di rumah, terlebih saat ini sedang diberlakukan PPKM skala mikro dan ada imbauan untuk tidak berpergian ke luar kota. 

"Kami prediksi untuk besok dan lusa (Sabtu-Minggu) masih tetap sama. Volume kendaraan tidak akan melonjak drastis. Meskipun begitu, petugas tetap disiagakan untuk melakukan pengaturan lalu lintas supaya tidak timbul kemacetan," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi