Visi dan Misi Gubernur Jabar Terpilih Sudah Masuk RAPBD 2019

Yogi Pasha ยท Selasa, 07 Agustus 2018 - 17:25 WIB
Visi dan Misi Gubernur Jabar Terpilih Sudah Masuk RAPBD 2019
Gubernur Jabar Terpilih Bandung Ridwan Kamil. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha).

BANDUNG, iNews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) telah memasukan visi misi gubernur dan wakil gubernur terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dalam Rancangan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Kepastian tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Iwa Karniwa di Gedung DPRD Jabar, Selasa (7/8/2018).

Menurut Iwa, ada tim yang khusus memantau visi misi gubernur. Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar juga telah bertemu Ketua DPRD Ineu Purwadewi Sundari untuk memastikan terkait proses anggaran maupun perubahan. “Sebelumnya sudah diantisipasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar untuk memantau visi dan misi gubernur,” kata Iwa.

Iwa mengatakan, realisasi APBD 2018 berjalan dengan sangat baik. Hal itu juga telah disinkronkan dengan visi dan misi gubenur terpilih. “Kami memang agak terlambat sedikit tetapi bisa selesai lebih cepat dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, berbagai hal telah disinkronkan sehingga proses APBD berjalan sesuai jadwal. Visi dan misi gubernur terpilih juga telah diakomodasi dalam APBD tersebut. Terkait program prioritas yang sudah masuk akan diungkap dalam agenda pembahasan. Dia berharap dengan adanya jadwal pembahasan, APBD 2019 akan selesai tepat waktu.

“Ini baru membahas terkait dengan jadwal pembahasan. Bagaimana  prosesnya, dan jadwal pembahasan. Dibahas juga materi pembahasan,” kata Iwa.

Menurutnya, secara substansi dan nomenklatur program gubernur terpilih sudah ada diperencanaan teknokratik. Itu artinya, sudah masuk dalam perancangan. Setelah dibahas akan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

Pasangan Ridwan dan Uu mengusung visi menghadirkan Jabar juara lahir batin yang memiliki manusia beriman, bahagia dan berkualitas, membangun ekonomi yang berdaya saing, berkelanjutan. Merata sejahtera di desa maupun kota, serta menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik. Visi itu ditopang dengan lima misi yang dijabarkan dalam strategi dan program.

Untuk menerapkan misi yang pertama, pasangan calon ini menitikberatkan keberlanjutan kehidupan pesantren di Jabar. Pada misi keduanya, meningkatkan kualitas fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah.

Melalui misi ketiga, pasangan Ridwan Kamil-Uu ingin mengubah tata kelola pemerintahan dengan penerapan good governance dan memprioritaskan APBD untuk pembangunan manusia dan infrastruktur. Sedangkan misi keempatnya dijabarkan dalam program penguatan sektor pertanian dan mengoptimalkan dana desa untuk pembangunan infrastruktur.

Misi terakhir, ingin meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sistem ekonomi syariah. Tak hanya itu ada program yang ingin mengurangi kemiskinan dengan mendorong wirausaha baru.


Editor : Muhammad Saiful Hadi