Virus Korona Mewabah, Makam Sunan Gunungjati Cirebon Ditutup 2 Pekan

Toiskandar ยท Rabu, 18 Maret 2020 - 00:30 WIB
Virus Korona Mewabah, Makam Sunan Gunungjati Cirebon Ditutup 2 Pekan
Komplek makam Sunan Gunungjati di Cirebon ditutup sementara dua pekan untuk mencegah penyebaran virus korona. (Foto: iNews/Toiskandar)

CIREBON, iNews.id – Destinasi wisata religi makam sunan Gunungjati di Desa Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ditutup sementara selama dua pekan untuk menghindari penyebaran virus korona (Covid-19).

Penutupan wisata religi itu diputuskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon mulai Selasa (17/3/2020) sore hingga empat belas hari ke depan atau akhir Maret 2020 mendatang. 

Penutupan komplek makam salah satu walisongo penyebar agama Islam di Tanah Jawa itu juga telah mendapatkan persetujuan dari Sultan Kasepuhan Cirebon.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, para peziarah yang hendak ziarah di makam Sunan Gunungjati untuk sementara waktu akan dihentikan atau tidak dapat masuk ke dalam.

“Kita memutuskan menutup areal makam untuk menghindari kerumunan orang yang bisa menyebabkan penyebaran virus korona,” kata Imron.

Diketahui, peranan Sunan Gunungjati dalam menyebarkan ajaran Islam di Cirebon menjadikannya sebagai tokoh sentral di tanah Jawa. Selain makam Sunan Gunungjati, terdapat juga makam-makam sesepuh pendiri Cirebon termasuk sultan dan keluarga Kasultanan Cirebon.


Editor : Kastolani Marzuki