Viral 43 WNI Telantar di Kamboja, Curhat Minta Bantuan 

Andrian Supendi · Selasa, 08 Maret 2022 - 12:05:00 WIB
Viral 43 WNI Telantar di Kamboja, Curhat Minta Bantuan 
Beredar video rekaman TKI telantar di Kamboja. Beberapa orang di antaranya berasal dari Indramayu. (Foto: Istimewa)

INDRAMAYU, iNews.id - Beredar rekaman video 43 Warga Negara Indonesia (WNI) dan enam di antaranya warga Kabupaten Indramayu telantar di Kamboja. Bahkan rekaman mereka itu pun sempat viral di media sosial (medsos).

"Mohon bantuannya pak untuk orang Indramayu dan juga yang lainnya, kami di sini terlantar. Sudah gak ada lagi biaya buat penginapan, di sini kita juga gak tahu ke depannya kaya gimana, buat makan saja kita susah," ujar salah satu Calon TKI melalui rekaman video yang diterima MNC Portal, Selasa (8/3/2022).

Koordinator Dept Advokasi SBMI Nasional, Juwarih mengatakan, berdasarkan laporan sementara, para calon TKI itu awalnya ditawari untuk bekerja di negara Polandia. Tapi sudah berapa tahun ternyata mereka tidak juga diberangkatkan.

Lanjut Juwarih, mereka pun lalu menanyakan soal kelanjutan keberangkatannya ke luar negeri kepada pihak perekrut. Hanya saja, saat itu mereka justru ditawari untuk bekerja dahulu ke Kamboja bilamana ingin cepat bekerja ke luar negeri.

"Mereka ditawarkan bekerja di sebuah kasino di Kamboja, karena mereka sudah terlanjur mengeluarkan uang dan ingin cepat bekerja, makanya mereka mau," ujar dia.

Akan tetapi sesampaikan di Kamboja, disampaikan Juwarih, puluhan calon TKI itu diamankan oleh pihak KBRI karena diduga diberangkatkan secara unprosedural.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: