Video Viral Pelanggaran Pemilu, Bupati Bandung Barat Diperiksa Bawaslu

Yuwono ยท Senin, 14 Januari 2019 - 16:08:00 WIB
Video Viral Pelanggaran Pemilu, Bupati Bandung Barat Diperiksa Bawaslu
Potongan dari video viral saat Bupati Bandung Barat Aa Umbara diduga meminta dukungan suara dari para guru honorer untuk mendukung anak dan adiknya di Pileg 2019. (Foto: iNews/Yuwono)

BANDUNG BARAT, iNews.idBupati Bandung Barat Aa Umbara datang menjalani pemeriksaan di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (14/1/2019). Pemeriksaan itu terkait kasus video viral dirinya yang meminta guru honorer memberi dukungan suara kepada anak dan adiknya di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Aa Umbara diperiksa selama satu jam. Namun, saat awak media mendatangi Kantor Bawaslu Senin pagi, ternyata Bupati Bandung Barat sudah tidak ada di tempat. Pasalnya, Aa Umbara datang ke Bawaslu lebih pagi dan di luar jam kerja, tepatnya pada pukul 06.00 WIB.

Komisioner Bawaslu Ai Wildani Sri Aidah mengatakan, Aa Umbara menjalani pemeriksaan sekitar satu jam. Komisioner mengklarifikasi soal dugaan pelanggaran Pemilu yang dia lakukan dengan meminta dukungan suara kepada para guru honorer.

“Bupati Bandung Barat datang tadi pagi, tepat jam enam pagi. Beliau sudah memberikan keterangan dan klarifikasi terkait dugaan pelanggaran Pemilu,” kata Ai Wildani Sri Aidah.

Ai Wildani mengatakan, Bawaslu segera membahas keterangan Bupati Bandung Barat dengan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Sentra Gakkumdu akan mengevaluasi hasil klarifikasi dan menentukan langkah selanjutnya terkait kasus dugaan pelanggaran Pemilu tersebut.

Hingga saat ini, Bawaslu KBB telah memeriksa 13 orang saksi terkait video viral dugaan pelanggaran Pemilu yang melibatkan Aa Umbara. Diketahui dalam video yang  beredar luas itu, para guru honorer diajak untuk memilih anak dan adiknya yang menjadi caleg dari Partai NasDem di Pileg 2019.

Editor : Maria Christina