Vaksinasi Massal Unpad Sasar Mahasiswa Bandung Raya dan Sumedang

Arif Budianto · Senin, 28 Juni 2021 - 10:10:00 WIB
Vaksinasi Massal Unpad Sasar Mahasiswa Bandung Raya dan Sumedang
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 ke warga peserta vaksinasi massal di Youth Centre Arcamanik yang digelar Polda Jabar untuk memperingati HUT ke-75 Bhayangkara. (Foto: Humas Polda Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Universitas Padjadjaran (Unpad) bakal mulai menggelar vaksinasi massal bagi mahasiswa mulai Juli 2021. Program ini akan menyasar mahasiswa yang berdomisili di Bandung raya dan Sumedang. 

Program vaksinasi tersebut hasil kerja sama dengan Polda Jawa Barat dan Pemprov Jawa Barat. Rektor Unpad Rina Indiastuti menyatakan, vaksinasi untuk mahasiswa saat ini diprioritaskan bagi yang berasal dari wilayah dari Bandung Raya dan Sumedang. Hal ini bertujuan untuk membatasi mobilitas mahasiswa dari luar daerah di kampus Unpad.

Bagi mahasiswa di luar wilayah tersebut, Rektor mendorong untuk mengikuti program vaksinasi di daerahnya masing-masing. “Di luar lokasi ini, sekarang sedang program vaksinasi nasional. Di mana-mana ada. Silakan bergabung di tempat terdekatnya,” kata dia dalam siaran persnya, Senin (28/6/2021).

Dia menjelaskan, program vaksinasi ini merupakan salah satu ikhtiar Unpad dalam memfasilitasi mahasiswa. Sebagai bagian dari keluarga besar Unpad, mahasiswa perlu juga diperhatikan kualitas kesehatan dan daya tahan tubuhnya.

“Ini adalah bagian dari komitmen Unpad untuk melindungi sivitas akademika. Kalau misalnya saja semuanya sehat, kita sama-sama berikhtiar memutus rantai penularan Covid-19,” katanya.

Program vaksinasi untuk mahasiswa ini diharapkan menjadi salah satu upaya mendukung pemerintah dalam memutus pandemi. Apalagi, kata Rektor, mahasiswa juga memiliki kewajiban untuk menyelesaikan kuliah dengan kualitas baik.

“Ini salah satu bagian ikhtiar kita selain menjalankan protokol kesehatan. Mudah-mudahan dengan divaksin (mahasiswa) bisa lebih kuat, nanti mereka bisa mulai magang, praktikum di lab bisa mulai, tugas akhir bisa lebih semangat,” ujar Rina.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menjelaskan, selain berasal dari wilayah Bandung Raya dan Sumedang, vaksinasi juga diprioritaskan bagi mahasiswa yang sedang melakukan praktikum dan tugas akhir melalui kegiatan praktikum di laboratorium kampus.

Meski demikian, Boy menyilakan bagi mahasiswa dari luar wilayah Bandung dan Sumedang, tetapi sedang tinggal di Jatinangor untuk mengikuti program vaksinasi. “Yang tidak boleh dari luar kota sengaja ikut vaksin di Unpad. Jangan dulu,” kata Boy. 

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: