Usai Natal, Arus Lalin ke Lembang Masih Macet

Yuwono ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 11:09 WIB
Usai Natal, Arus Lalin ke Lembang Masih Macet
Kemacetan di Lembang, Kamis (26/12/2019) (Foto: iNews/ Yuwono)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Arus lalu lintas yang mengarah ke Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar), Kamis (26/12/2019) masih mengalami macet usai Hari Raya Natal. Kemacetan diduga karena banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan.

Antrian kendaraan mulai terjadi dari Jalan Setiabudi, Bandung hingga pertigaan Beatrix, Lembang. Kemacetan terpantau mencapai 7 kilometer. Rata-rata kendaraan yang melintas di lokasi tersebut hanya sekitar 20 km/jam.

"Penyebabnya kondisi parkir yang tidak bisa menampung dan orang mau menyeberang," kata KBO Lantas Cimahi, Iptu Duddy Iskandar.

Polisi juga melakukan pengalihan arus, kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dialihkan ke Jalan Kolonel atau Cisarua. Sementara, kendaraan yang akan mengarah ke tol Jakarta bisa menggunakan jalur alternatif arah Padalarang.

Selain pengalihan arus, polisi juga memberlakukan sistem satu arah atau one way. Sistem tersebut diberlakukan untuk membantu mengurai kepadatan arus lalu lintas.

"One way paling bentar 15 menit," kata Duddy.

Sebelumnya, Polda Jabar memprediksi puncak arus balik libur natal terjadi hari ini, Rabu (25/12/2019). Kepadatan diprediksi terjadi di Tol Cipali yang mengarah ke Jakarta.

"Ini kan libur bersama sampai hari ini, dimungkinkan adanya arus balik yang ke arah Jakarta," kata Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga di Bandung.

Polisi berencana melakukan contra flow untuk mengurai volume lalu lintas. Dia menyebut contra flow akan diterapkan sampai dengan Tol Layang Japek II.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq