Usai Jalani Observasi di Natuna, 6 Warga Jabar Segera Kembali ke Daerah Asal

Okezone.com ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 15:20 WIB
Usai Jalani Observasi di Natuna, 6 Warga Jabar Segera Kembali ke Daerah Asal
WNI yang Diobservasi di Natuna (Dok Antara)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China diobservasi di Natuna. Usai observasi selama 14 hari, semua warga akan kembali ke daerah asalnya.

Ada enam warga yang berasal dari Jawa Barat (Jabar). Mereka akan dipulangkan Sabtu (15/2/2020).

Masa observasi selesai pada Sabtu (15/2/2020). Selanjutnya, semua WNI tersebut langsung diangkut dari Natuna ke Jakarta menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Berli Hamdani mengatakan, tidak memiliki kewenangan membeberkan siapa saja yang dipulangkan ke Jabar. Tapi ada tiga daerah Bandung, Bogor, dan Tasikmalaya yang menjadi asal dari WNI yang diobservasi.

"Kami tidak berwenang mengeluarkan data tersebut, karena yang meng-handle dari Kemenlu. Sementara dari Pemprov daerah asal tidak diberitahu," kata Berli, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (14/2/2020).

Berli mengungkap pihaknya sebagai pemerintah daerah asal WNI yang karantina tersebut hanya diinstruksikan untuk melakukan pemantauan di seluruh wilayah Kabupaten dan kota di Jabar.

"Kami, sebagai Pemprov daerah asal WNI yang telah menjalani prosedur karantina, hanya mendapat perintah dari KemenkesRI untuk status melakukan pemantauan di semua Kab/Kota. Itupun melalui petugas puskesmas se-Jabar," ucapnya.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq