Tutup Latihan, Pangkostrad Kukuhkan 1.500 Prajurit

Muhammad Fida Ul Haq ยท Selasa, 24 Desember 2019 - 14:36 WIB
Tutup Latihan, Pangkostrad Kukuhkan 1.500 Prajurit
Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto (Foto: iNews/ Istimewa)

SUKABUMI, iNews.id - Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, menutup Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang VIII di Pantai Palampang, Cileutuh, Sukabumi, Jawa Barat. Sebanyak 1.500 tentara dikukuhkan sebagai prajurit Kostrad dalam latihan itu.

"Kemampuan harus distandarisasi, mereka harus memenuhi norma itu. Kalau tidak memenuhi norma itu akan kita tolak," kata Pangkostrad dalam keterangan tertullisnya, Selasa (24/12/2019).

Latihan tersebut diselenggarakan selama 3 bulan yang dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap pertama yaitu Tahap Basis selama 7 minggu bertempat di Cilodong, Tahap II-Tahap Hutan Gunung selama 3 minggu bertempat di daerah Jati Luhur, Sangga Buana dan Tegalwaru Cianjur dan tahap III-Tahap Rawa Laut selama 2 minggu bertempat di Pantai Cileutuh Palampang, Sukabumi, Jawa Barat.

Prajurit Kostrad Latihan Menjinakkan Ular, Selasa (24/12/2019) (Foto: iNews/Istimewa)
Prajurit Kostrad Latihan Menjinakkan Ular, Selasa (24/12/2019) (Foto: iNews/Istimewa)

 

Prajurit yang dilantik ada 1.500 orang terdiri dari 69 Perwira, 491 Bintara dan 950 Tamtama. Prajurit baru dikukuhkan di Pantai Palampang, Senin (23/12/2019). Aksi pengukuhan disertai demonstrasi senam senjata dan beladiri. Kemudian ada atraksi pemecahan benda-benda keras serta atraksi menjinakkan ular. Lalu dilanjutkan pembebasan tawanan para prajurit baru Kostrad.

Pangkostrad mengatakan yang lulus adalah prajurit yang mempunyai fisik bagus. Prajurit tersebut juga harus mahir dalam kegiatan individu dan kelompok yang sudah ditentuka.

"Mereka harus memiliki fisik yang baik, mahir kegiatan perorangan dan kelompok," ucap Pangkostrad.

Pangkostrad juga menyematkan Brevet Cakra Kehormatan kepada Perwira Tinggi dan mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Kostrad, kepada Irjen TNI, Letjen TNI Muhammad Herindra, M.A., M.Sc, Asrenum Panglima TNI, Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP, Aspers Panglima TNI, Marsda TNI Diyah Yudanardi, dan Aslog Kasad, Mayjen TNI Jani Iswanto, M.A.

“Penyematan Brevet Cakra Kehormatan ini merupakan bentuk penerimaan dan pengukuhan yang tulus serta penghargaan dari Kostrad kepada Perwira Tinggi atas prestasi dan kontribusi dalam upaya membangun dan mengembangkan Kostrad dalam pelaksanaan tugas baik di home base maupun di daerah operasi," ungkap Pangkostrad.

Latihan Prajurit Kostrad, Selasa (24/12/2019) (Foto: iNews/ Istimewa)
Latihan Prajurit Kostrad, Selasa (24/12/2019) (Foto: iNews/ Istimewa)

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kaskostrad, Pangdivif 1 dan 2 Kostrad, Ir Kostrad, Koorsahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Kabalak Kostrad, para Komandan Satuan Jajaran Kostrad.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq