Tungku Peleburan Besi di Purwakarta Meledak, 1 Tewas, 7 Luka Bakar

Irwan ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 23:08 WIB
Tungku Peleburan Besi di Purwakarta Meledak, 1 Tewas, 7 Luka Bakar
Korban ledakan tungku pengolah biji besi dirawat di RSUD Purwakarta. (Foto: iNews/Irwan)

PURWAKARTA, iNews.id – Satu orang tewas dan tujuh lainnya luka bakar akibat tungku peleburan biji besi milik PT Indotama Ferro Alloyes di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao, Purwakarta meledak, Rabu (3/6/2020).

Peristiwa itu terjadi diduga akibat kerusakan pada mesin. Tungku peleburan biji besi itu kemudian meledak. Api kemudian berkobar besar hingga mengenai delapan karyawan.

Satu di antaranya tewas di lokasi kejadian, sedangkan tujuh lainnya harus dirawat intensif di rumah sakit akibat mengalami luka bakar serius. Korban tewas diketahui bernama Ento (47) warga Karawang.

Dalam video amatir yang direkam petugas dari Polres Purwakarta, tampak api ari tungku peleburuan biji besi masih menyala cukup besar. Di sekitar tungku pun terlihat batu mangan atau bahan baku biji besi berhamburan.

Kasatreskrim Polres Purwakarta, AKP Handreas Ardian mengatakan, peristiwa itu terjadi saat mesin yang mengalami kerusakan sedang diperbaiki karyawan. “Mesin tungku itu sedang diperbaiki seorang karyawan, namun gagal dan tungku peleburan biji besi meledak. Api pun menjalar ke luar tungku dan menyambar delapan pekerja,” katanya.

Kuatnya ledakan tungku tersebut mengakibatkan satu karyawan terlempar sejauh 10 meter hingga tewas seketika. Sedangkan satu orang lainnya luka berat dan enam karyawan lain luka ringan. Seluruh korban kini sudah dievakuasi ke RSUD Bayu Asih Purwakarta. 

Tim medis RSUD Bayu ASih, dr Deni Hamzah mengatakan, satu korban mengalami luka bakar parah dengan persentase hingga 58 persen. Sedangkan yang lainnya luka ringan.

Kasus tersebut kini diselidiki petugas Polres Purwakarta. Petugas juga sudah memasang garis polisi di lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah saksi.


Editor : Kastolani Marzuki