Tumpukan Limbah Medis Ditemukan di Kawasan Hutan Mangrove Karawang

Antara ยท Minggu, 09 September 2018 - 20:30 WIB
Tumpukan Limbah Medis Ditemukan di Kawasan Hutan Mangrove Karawang
Ilustrasi limbah medis. (Foto: dok.okezone).

KARAWANG, iNews.id – Ratusan kilogram limbah rumah sakit yang diduga mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3) ditemukan di kawasan hutan mangrove wilayah pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Jabar), Minggu (9/9/2018).

Salah seorang warga Desa Pusakajaya, Kecamatan Cilebar, Endang mengatakan, limbah medis yang diperkirakan mencapai ratuan kilogram itu menumpuk dalam kantong plastik berwarna kuning.

"Tumpukan limbah medis itu diketahui pada Minggu pagi saat saya akan beraktivitas ke pantai," katanya.

Warga di wilayah pesisir utara Karawang mengetahui kalau itu limbah medis karena dalam kantong itu terdapat bungkusan plastik bertuliskan Rumah Sakit (RS) Budi Asih dengan alamat Cibarusah, Cikarang Selatan, Bekasi.

Limbah medis yang ditemukan di kawasan hutan mangrove itu di antaranya alat medis seperti alat suntik yang masih lengkap dengan jarumnya serta botol-botol obat dan juga bekas vaksin.

"Kami bersama warga lainnya sudah melaporkan penemuan limbah medis ini ke pihak berwenang, baik ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang maupun ke Polres Karawang," kata dia.

Sementara itu, Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan mengaku sudah mendapatkan laporan terkait temuan limbah medis tersebut.

"Kami akan menelusuri dan akan dikejar sampai ke sumbernya. Mereka harus tanggung jawab agar tidak mengulangi perbuatannya," kata Wawan.

Wawan juga mengaku telah berkoordinasi dengan Polres Karawang untuk mengusut pembuangan limbah medis tersebut.

“Hal itu dilakukan karena dalam ketentuannya, limbah medis itu harus dimusnahkan dan tidak boleh dibuang sembarangan,” ujarnya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi