Trauma Healing, Anak-Anak Korban Gempa Cianjur Gembira Bercengkrama dengan Polwan Cantik

Agus Warsudi ยท Jumat, 25 November 2022 - 19:44:00 WIB
Trauma Healing, Anak-Anak Korban Gempa Cianjur Gembira Bercengkrama dengan Polwan Cantik
Anak-anak Desa Jambudipa, Warungkondang, Cianjur gembira, bercengkrama dengan Polwan cantik dari Polres Cimahi. (FOTO: HUMAS POLDA JABAR)

CIANJUR, iNews.id - Sejumlah anak-anak korban gempa Cianjur tertawa gembira bercengkrama dengan para Polwan cantik dari Polda Jabar, Polres Cimahi, dan Ciamis. Mereka seakan telah melupakan peristiwa bencana dahsyat gempa bumi Magnitudo 5,6 yang menghancurkan rumah dan menelan ratusan korban jiwa pada Senin (21/11/2022) lalu.

Para Polisi Wanita (Polwan) yang ditugaskan ke lokasi bencana memang dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan trauma healing (penyembuhan trauma), teruma bagi kaum perempuan dan anak-anak. 

Mereka mengajak anak-anak dan ibu-ibu di posko-posko pengungsian, berbincang dengan akrab dan gembira. Para Polwan juga mengajak anak-anak melakukan permainan yang menyenangkan. Para Polwan tersebut berhasil menghibur anak-anak agar kembali ceria. 

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Polwan Polda Jabar AKBP Wiwik Indrawati bersama anggota. Trauma healing bagi anak-anak pascagempa Cianjur dilakukan agar mereka terhibur, dan tidak larut dalam trauma berkepanjangan.

“Ada puluhan anak yang menjadi penyintas bencana gempa bumi. Beberapa di antaranya harus tinggal di pengungsian di Mapolres Cianjur sehingga merasakan kesedihan. Maka dari itu kami mengerahkan personel Polwan untuk menghibur dan mengajak mereka bermain," kata AKBP Wiwik Indrawati.

Tim trauma healing Polres Ciamis mendatangi korban gempa di Kampung Cimalang Dewa, Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. "Mereka untuk membantu memulihkan keceriaan korban khususnya para anak agar bisa bahagia kembali," kata Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, Jumat (25/11/2022).

Sedangkan Polwan Polres Cimahi membagikan sembako dan trauma healing bagi korban bencana gempa bumi di Desa Jambudipa RT 04/05, Kecamatan Warungkondang, Cianjur. Tim trauma healing Polres Cimahi beranggotakan 21 Polwan.

“Kami memberikan motivasi dan semangat kepada korban gempa dalam menghadapi situasi saat ini. Selain trauma healing, polres Cimahi juga memberikan bantuan kemanusiaan. Ini merupakan panggilan tugas negara untuk berbuat, membantu sesama, meringankan beban para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur,” kata Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, trauma healing diberikan untuk memulihkan trauma warga dan mencegah anak-anak serta warga dilanda stres.

Kombes Pol Ibrahim Tompo menuturkan, rasa takut berlebihan bisa berdampak buruk terhadap psikologis anak. "Karena itu, perlu dilakukan trauma healing guna menurunkan tingkat kecemasan dan mengembalikan semangat serta motivasi mereka," kata Kabid Humas Polda Jabar.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: