TKA China Tewas Terjatuh saat Pasang Tiang Elevated Proyek KCJB di Bandung Barat

Adi Haryanto ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 20:15 WIB
TKA China Tewas Terjatuh saat Pasang Tiang Elevated Proyek KCJB di Bandung Barat
Dua petugas menjaga lokasi pemancangan tiang rpyek kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Bandung Barat. (Foto: iNews/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id – Seorang tenaga kerja asing (TKA) asal China tewas akibat terjatuh saat memasang tiang elevated untuk jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Peristiwa nahas itu terjadi di Kampung Sasak Besi, Jalan Raya Cimareme, Desa Gadobangkong, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (18/8/2020) petang. 

Pekerja KCJB, Ikhwan mengatakan, saat kejadian, korban sedang memasang tiang elevated. Tiba-tiba, terdengar suara besi jatuh dari bagian atas. 

"Kejadiannya sekitar jam setengah enam. Awalnya gak tahu cuma korban terjatuh dan langsung meninggal," kata Ikhwan.

Dia mengaku tidak mengetahui siapa nama TKA China tersebut. Korban diketahui baru bekerja beberapa minggu di proyek tersebut. "Baru datang dan bekerja di sini sekitar dua mingguan, tapi saya nama tidak tahu," ucapnya. 

Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengaku belum bisa memberikan keterangan soal identitas korban. “Anggota sedang melakukan pengecekan, jadi belum bisa ngasih penjelasan," kata dia.

Diketahui, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mengutamakan pekerja lokal dalam pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Saat ini, jumlah pekerja lokal lima kali lipat dibandingkan pekerja asing.

Berdasarkan data, pekerja lokal yang terlibat dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung 10.000 orang. Adapun pekerja yang berasal dari China sekitar 2.000 orang. Dengan demikian, proyek ini menyerap 12.000 tenaga kerja.


Editor : Kastolani Marzuki