Titik Kemacetan, Pemudik Diminta Mewaspadai Pasar Tumpah

Sindonews ยท Selasa, 28 Mei 2019 - 13:26 WIB
Titik Kemacetan, Pemudik Diminta Mewaspadai Pasar Tumpah
Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Bariu Bawana, di Mapolres Karawang. (Foto: Sindonews).

KARAWANG, iNews.id - Para pemudik yang melintasi Kota Karawang, Jawa Barat (Jabar) diminta mewaspadai pasar tumpah di sepanjang jalur mudik. Ada delapan pasar tumpah dari Johar hingga ke Jatisari menuju Subang.

Kemacetan dipastikan akan terjadi di setiap pasar tumpah akibat lonjakan pengunjung pasar yang berjejal hingga ke jalan raya yang dilalui pemudik.

Pantauan wartawan, ada dua jalur mudik lebaran yang akan dilalui pemudik yaitu jalur alteri Karawang mulai dari Tanjungpura, Johar, Kosambi Cikampek. Lalu jalur alternatif roda dua, yaitu mulai dari Tanjungpura, Lamaran, Krasak, Cilamaya.

Untuk jalur alteri Karawang terdapat lima pasar tumpah yaitu Pasar Johar, Pasar Kosambi, Pasar Cikampek, Pasar Pemda Cikampek dan Pasar Jatisari.

Sedangkan untuk jalur alternatif roda dua terdapat tiga pasar tumpah yaitu Pasar Telagasari, Pasar Wadas dan Pasar Gempol. Pasar tersebut dipastikan bakal menjadi sumber kemacetan saat puncak mudik lebaran ini.

Kasat Lantas Polres Karawang, AKP Bariu Bawana mengatakan, pengalaman dari tahun ke tahun, pasar tumpah memang menjadi salah satu titik kemacetan.

"Polres Karawang nantinya akan melakukan rekayasa penutupan media jalan di sekitar pasar," kata Bariu saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, polisi juga berkoordinasi dengan pengelola pasar agar area parkir pengunjung tidak menggunakan jalan yang dilintasi pemudik. Tujuannya untuk mengatasi potensi kemacetan akibat pasar tumpah ini.

"Alhamdulillah pengelola pasar sangat merespons positif penanganan yang kita lakukan," ujar dia.

Menurut Bariu, untuk mengatur lalu lintas di sepanjang pasar tumpah itu pihaknya secara khusus menempatkan personel di dekat pasar.

Setidaknya ada sebanyak 12 orang personel polisi yang akan mengatur lalu lintas di dekat pasar, terutama saat puncak mudik tiba.

"Di setiap pasar ada pos Gatur yang akan mengatur lalu lintas di setiap pasar. Jadi setiap ada kemacetan bisa langsung diurai, hingga tidak mengganggu perjalanan pemudik," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal