Tes Swab, Puluhan Pelajar di Salah Satu Lembaga Pendidikan Sukabumi Positif Covid-19

Antara ยท Minggu, 13 September 2020 - 06:05 WIB
Tes Swab, Puluhan Pelajar di Salah Satu Lembaga Pendidikan Sukabumi Positif Covid-19
Peta sebaran Covid-19 di Kota Sukabumi, Jabar, Sabtu, (12/9/2020). (Foto: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sukabumi)

SUKABUMI, iNews.id - Sebanyak 29 pelajar di salah satu lembaga pendidikan di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, terkonfirmasi positif Covid-19. Para pelajar yang terinfeksi virus corona merupakan orang tidak bergejala (OTG).

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, Wahyu Handriana mengatakan, kondisi sebanyak 29 pelajar itu diketahui dari pemeriksaan swab yang dilakukan Sabtu (12/9/2020).

"Hasilnya, sebanyak 21 pelajar yang positif. Jika ditambah dengan kasus yang lalu, totalnya menjadi 29 pelajar," kata Wahyu Handriana di Sukabumi, Sabtu (12/9/2020).

Wahyu mengatakan, pihaknya sudah melakukan penelusuran seperti tracking maupun tracing kepada warga yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Penelusuran termasuk kepada masyarakat sekitar dan orang tua para pelajar.

Selain itu, lembaga pendidikan itu sudah dikarantina sehingga pelajar, pengurus maupun guru untuk sementara tidak bisa keluar masuk. Langkah itu diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya penyebaran virus yang bisa menyebabkan kematian ini.

Puluhan pelajar yang positif sudah menempati ruangan khusus isolasi diminta agar tidak bercampur dengan yang lain. Pemeriksaan swab juga akan terus dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan itu dan sekitarnya.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi para pelajar, kesehatannya baik. Diharapkan dalam beberapa hari ke depan mereka bisa sembuh atau negatif Covid-19, namun harus tetap menjalani isolasi di bawah pengawasan petugas puskesmas dan gugus tugas," katanya.

Wahyu juga mengimbau kepada lembaga pendidikan yang sudah melakukan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Masing-masing individu juga harus menerapkan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun yang benar.

Saa ini, kasus Covid-19 di Kota Sukabumi saat ini masih berfluktuasi, bahkan bisa dikatakan merangkak naik. Untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang vaksinnya masih dalam tahap penelitian ini harus dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Hingga Sabtu (12/9/2020), warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sukabumi sebanyak 169 orang. Sebanyak 42 orang menjalani isolasi, 127 orang sembuh dan belum ada kasus kematian.


Editor : Maria Christina