Terjaring di Pos Penyekatan KBB, Pemudik Asal Jakarta dan Sukabumi Positif Covid-19

Adi Haryanto · Rabu, 12 Mei 2021 - 17:16:00 WIB
Terjaring di Pos Penyekatan KBB, Pemudik Asal Jakarta dan Sukabumi Positif Covid-19
Petugas Dinas Kesehatan KBB ketika melakukan rapid test antigen ke pemudik yang kedapatan melintas di pos penyekatan Padalarang. (Foto: Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dua pemudik asal Sukabumi dan Jakarta diketahui positif Covid-19 saat diperiksa di penyekatan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mereka diketahui positif setelah dilakukan pengecekan oleh petugas di pos penyekatan Cikole, Lembang, dan pos simpang Padaladang, pada Selasa (11/5/2021). 

"Pemudik dari Jakarta diketahui posotif Covid-19 seusai rapid test antigen di pos penyekatan Cikole, sedangkan pemudik dari Kota Sukabumi ketahuannya di pos penyekatan Padalarang," tutur Kabid Pelayanan Kesehatan, Dinkes KBB, Wishnu Pramulo Adi, Rabu (12/5/2021).

Tindakan yang dilakukan oleh petugas, kata dia, adalah memerintahkan pemudik dari Kota Sukabumi untuk kembali lagi (putar balik). Sedangkan untuk pemudik dari Jakarta langsung diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Kota Bandung.

Dia menjelaskan, pemudik asal Jakarta datang satu keluarga yang terdiri dari empat orang menggunakan mobil pribadi. Mereka menginap di salah satu hotel di Kota Bandung. Saat hendak berwisata di Lembang, kendaraan mereka terjaring pos penyekatan di Cikole.

Yang bersangkutan, sebenarnya sudah membooking hotel sekitar Lembang untuk wisata. Tapi disarankan untuk pulang balik ke Jakarta. Namun pemudik itu memilih untuk menjalani isolasi di Hotel Mercure Kota Bandung.

"Kami langsung koordinasi dengan Dinkes Kota Bandung dan pihak hotel bahwa ada satu orang yang sedang menjalani isolasi di wilayah mereka di sebuah hotel," tuturnya.

Secara keseluruhan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan acak terhadap 168 pemudik sejak tanggal 6 Mei 2021 hingga 11 Mei 2021. Ratusan tenaga kesehatan telah diterjunkan untuk melakukan tes.

"Ketika ada pemudik yang positif kita minta putar balik. Tapi kalau mereka mau isolasi, sudah disiapkan di Diklat Lembang milik BKPSDM KBB dan Asrama Rima motor di Padalarang," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi