Temui Massa Buruh, Ridwan Kamil Langsung Surati Jokowi Minta Batalkan Omnibus Law

Kastolani ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 17:13:00 WIB
Temui Massa Buruh, Ridwan Kamil Langsung Surati Jokowi Minta Batalkan Omnibus Law
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menemui massa buruh di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Kamis (6/10/2020). (Foto: iNews/Instagram Ridwan Kamil)

BANDUNG, iNews.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berdialog dan menemui langsung massa buruh yang berdemonstrasi di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (8/10/2020). Di hadapan massa, Ridwan Kamil mengatakan telah membuat surat berisi aspirasi buruh yang akan dikirimkan kepada DPR dan Presiden Joko Widodo (Jokowi), agar membatalkan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja.

Ridwan Kamil yang tampak didampingi oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Pangdam/III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, surat itu langsung dibuatkan setelah dirinya berdialog dengan perwakilan massa buruh. Dirinya mendengarkan aspirasi buruh yang menyampaikan beberapa poin-poin ketidakadilan dalam banyak pasal di Undang-Undang Cipta Kerja.

“Tadi saya sudah mendengarkan aspirasi, yang isinya menyampaikan poin-poin ketidakadilan di pasal-pasal Undang-Undang Omnibus Law, dari mulai masalah pesangon, masalah cuti, masalah izin TKA, masalah outsourcing, masalah upah, dan lain-lain. Buruh merasakan pengesahannya itu terlalu cepat untuk sebuah undang-undang yang begitu kompleks dan begitu besar,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan, para buruh merekomendasikan kepadanya agar Pemerintah Provinsi Jabar mengirimkan surat kepada DPR dan Presiden. Surat itu menyampaikan aspirasi dari buruh untuk menolak Undang-Undang Omnibus Law. Sebagai penggantinya, Presiden Jokowi diminta menandatangani Perpu Pengganti UU tersebut.

“Yang kedua, meminta kepada Bapak Presiden Jokowi untuk minimal menerbitkan perppu pengganti undang-undang, karena proses undang-undang ini, masih ada 30 hari untuk direvisi oleh tanda tangan Presiden Jokowi,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil langsung menindaklanjuti aspirasi buruh. Dua surat yang akan dikirimkan kepada DPR dan Presiden Jokowi itu telah dia tanda tangani. Isinya sesuai dengan rekomendasi para buruh.

“Dua-dua itu sudah saya tanda tangani dan akan dibacakan oleh perwakilan buruh. Besok pagi akan dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, satu kepada DPR, kedua kepada Presiden Jokowi,” katanya.

Gubernur Jabar juga menyampaikan dukungannya kepada para massa buruh. Dia kembali mengingatkan massa untuk menjaga ketertiban dan tidak merusak fasilitas umum.

“Karena itu, mohon didengarkan isi surat yang akan dibacakan oleh pimpinan dari buruh. Saya titip, siapkan suarakan apa pun, tapi jaga ketertiban dan jangan merusak fasilitas umum. Karena perjuangan buruh tadi sudah sangat jelas, mereka berkomitmen menyampaikan semua aspirasi tanpa anarkistis,” katanya.

Di akhir pernyataannya, Ridwan Kamil meneriakkan yel-yel buruh, mahasiswa dan Jabar juara. Pernyataan dan dukungan Ridwan Kamil pun disambut gembira massa buruh. “Hidup gubernur, hidup Ridwan Kamil,” teriak massa.


Editor : Maria Christina