Tebing Setinggi 3 Meter di Sukabumi Longsor, Akses Warga Terputus

Budi Setiawan · Jumat, 11 Maret 2022 - 00:23:00 WIB
Tebing Setinggi 3 Meter di Sukabumi Longsor, Akses Warga Terputus
Petugas BPBD Kabupaten Sukabumi berusaha membersihkan material rumpun bambu yang menutup jalan akibat terbawa longsor. (Foto: iNews.id/Budi Setiawan)

SUKABUMI, iNews.id - Tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Sukabumi, menyebabkan tebing setinggi 3 meter longsor. Akibatnya akses jalan penghubung antarkecamatan terputus lantaran tertutup material longsor.

Longsor tersebut terjadi di Kampung Ciganas, Kecamatan Nagrak, Kabupaten sukabumi. Untuk sementara jalan tidak bisa dilalui, baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. 

Material longsor menutupi badan jalan utama menuju Cibadak dan Kota Sukabumi. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berusaha mengevakuasi material longsor berupa rumpun bambu dengan peralatan seadanya. Diharapkan upaya itu bisa segera membuka jalan yang tertutup longsoran, agar lalu lintas kembali normal.

Beruntung tidak ada warga yang melintas saat kejadian. Akan tetapi, tidak hanya akses lalu lintas yang terputus, warga pun ikut terdampak. Aktivitas mereka terganggu, terutama yang akan menuju Ciambar maupun Cibadak atau sebaliknya. 

"Kami terpaksa menunggu proses evakuasi selesai. Jalan ini merupakan akses satu-satunya yang sering kami gunakan untuk beraktivitas," ujar warga, Sujartoto, Kamis (10/3/2022).

Sementara itu, petugas BPBD mengimbau warga yang melintas di jalan yang rawan longsor untuk selalu berhati-hati dan waspada di saat intensitas hujan yang masih tinggi.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: