Tangkap 6 Tersangka, BNN Jabar Gagalkan Penyelundupan 7 Kg Sabu

Ervan David ยท Kamis, 03 Mei 2018 - 19:51 WIB
Tangkap 6 Tersangka, BNN Jabar Gagalkan Penyelundupan 7 Kg Sabu
Tim BNN Jabar menunjukkan barang bukti sabu seberat 7 kg asal Tiongkok yang akan diselundupkan di provinsi ini. (Foto: iNews.id)

BANDUNG, iNews.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat berhasil menggagalkan penyelundupan 7 kilogram (kg) narkotika jenis sabu asal Tiongkok senilai Rp14 miliar. Selain menyita barang bukti sabu, petugas juga mengamankan enam tersangka yang berperan sebagai kurir.

Keenam tersangka ditangkap petugas BNN setelah menyelundupkan sabu seberat 7 kg dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Jawa Barat. Untuk mengelabui petugas, para tersangka menyimpan sebagian barang haram asal Tiongkok tersebut di dalam sepatu. Sementara sebagian lainnya dibungkus dalam kemasan teh.

Kepala BNN Provinsi Jabar, Brigjen Pol Rusnadi mengatakan, pengungkapan kasus tersebut berawal dari adanya informasi penyelundupan narkotika golongan satu jenis sabu dari Medan tujuan Jawa Barat melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Penangkapan enam penyelundup sabu itu berlangsung dramatis. Petugas BNN Provinsi Jabar yang sudah membuntuti para pelaku dari Tanjung Priok berusaha menghentikan laju mobil pelaku di Jalan Tol Cikampek-Jakarta.

Namun, para pelaku terus melajukan kendarannya dengan kecepatan tinggi. Petugas pun terpaksa menembak ban mobil pelaku hingga kempes. “Terjadi penembakan sampai bannya kempes, tidak mau berhenti. Bahkan pelaku terus melaju meski hanya tinggal pelek,” kata Rusnadi, Kamis (3/5/2018).

Setelah mobil pelaku berhenti, kata dia, anggota langsung menggeledah mobil pelaku. Saat itu, tidak ditemukan barang bukti. “Tapi, anggota tidak menyerah. Barang bukti tidak ada di mobil. Tapi terus dicari petugas dan barang bukti akhirnya ditemukan di KM 19 di sawah tepatnya di Rest Area Tambun dalam kondisi basah,” katanya.

Dia mengatakan, untuk pengembangan lebih lanjut keenam tersangka kini masih menjalani pemeriksaan di kantor BNN Jabar. Penggagalan penyelundupan narkotika asal Tiongkok ini menjadi kasus terbesar yang ditangani oleh BNN Jabar.


Editor : Kastolani Marzuki