Tanggul Sungai Jebol, Banjir Rendam Perumahan Cimareme Bandung Barat

Kastolani ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 21:24 WIB
Tanggul Sungai Jebol, Banjir Rendam Perumahan Cimareme Bandung Barat
Warga mengais sisa-sia rumah mereka yang hancur akibat diterjang banjir di kompleks perumahan Cimereme, Bandung Barat. (Foto: Repro.BNPB)

JAKARTA, iNews.id - Banjir menerjang kompleks Perumahan Cimareme Indah, Desa Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (31/12/2019) pukul 16.00 WIB.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, banjir tersebut disebabkan jebolnya tanggul sungai akibat tak mampu menahan debit air setelah intensitas hujan tinggi di wilayah tersebut.

 

Banjir dengan tinggi muka air (TMA) sekitar 70-180 sentimeter itu menggenangi sedikitnya 133 rumah di RT 04 RW 03 dan 15 unit rumah milik 18 kepala keluarga (KK) di RT 04 RW 04.

BACA JUGA:

3 Warga Bandung Barat Hilang Terseret Arus Banjir Bandang, 2 Ditemukan Selamat 1 Orang Tewas

Banjir di Bandung, Pengendara Motor Terseret Arus

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo mengatakan, tim dari BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung Barat telah berkoordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan assesment dan mengevakuasi warga terdampak ke dua titik pengungsian, yakni di Masjid At-Tin dan Masjid Al-ikhlas.

“Hingga sata ini, belum ada laporan tentang korban jiwa dan petugas gabungan masih melakukan proses pendataan warga terdampak maupun jumlah kerugian atas peristiwa tersebut,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki