Tak Punya SIKM, 2.565 Mobil Pemudik ke Jakarta Dihalau Polda Jabar

Sindonews ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 17:05 WIB
Tak Punya SIKM, 2.565 Mobil Pemudik ke Jakarta Dihalau Polda Jabar
Kabid Humas Polda Jabar, Saptono Erlangga Waskitoroso, Kamis (9/1/2020) (Foto: iNews/ Mujib)

BANDUNG, iNews.id - Sebanyak 2.565 mobil para pemudik yang hendak menuju Jakarta dihalau oleh petugas Polda Jabar. Para pemudik tidak mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ke Jakarta.

"Dari kegiatan penyekatan sampai malam kemarin Senin (25/5/2020), sebanyak 2.565 kendaraan pemudik yang hendak ke Jakarta diputarbalikan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso, Selasa (26/5/2020).

Erlangga mengatakan pemudik tersebut berasal dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Mereka dihalau petugas baik saat melintas di jalur tol maupun non tol.

"Para pemudik itu tak memiliki SIKM. Jadi sesuai keputusan Gubernur DKI Jakarta, yang masuk ke Jakarta harus memiliki SIKM. Kami imbau ke masyarakat yang mau ke Jakarta agar melengkapi SIKM, kan bisa diajukan melalui online," ujar dia.

Polda Jabar melakukan penyekatan arus balik kendaraan pemudik menuju Jakarta seusai Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Petugas memastikan akan melarang masyarakat yang lolos mudik kembali Jakarta, atau melintasi Jakarta menuju Banten sampai Sumatera.


Editor : Faieq Hidayat