Tak Ada Jembatan, Warga 10 RW Tersekat DAS Saguling Harus Memutar 7 Kilometer

Adi Haryanto ยท Senin, 13 September 2021 - 16:45:00 WIB
Tak Ada Jembatan, Warga 10 RW Tersekat DAS Saguling Harus Memutar 7 Kilometer
Ilustrasi jembatan permanen yang bisa dilalui mobil sangat dibutuhkan warga Desa Cangkorah. (Foto: Ilustrasi/Antara)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Warga di 10 RW di Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tersekat daerah aliran sungai (DAS) Saguling. Akibat tidak ada jembatan di atas DAS Saguling yang menghubungkan antara RW 08 Kampung Sekecengek dan RW 06, warga harus memutar sepanjang 7 kilometer (km) untuk bisa sampai ke tempat tinggal mereka.

Karena itu, warga meminta Pemda KBB segera membangun jembatan permanen yang bisa dilalui mobil. "Di kami itu ada 10 RW mulai dari RW 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, dan 17 yang semi terisolasi. Mereka kalau mau ke kantor desa dengan mobil harus muter sejauh 7 km karena tidak ada jembatan yang melintas DAS Saguling," kata Kepala Desa Cangkorah, Asep Mulyana yang ditemui di kantor DPRD KBB, Senin (13/9/2021).

Asep menyatakan, wilayah tersebut saat ini hanya terhubung oleh jembatan dari bambu yang dibuat pihak swasta pada tahun 2018 dan hanya bisa dilintasi jalan kaki atau sepeda motor. Setiap melintas warga yang bawa motor harus bayar Rp2.000 sekali jalan.

Sementara untuk akses mobil harus menempuh jalan memutar untuk sampai ke desa. Mereka harus melewati, Desa Pangauban, Galanggang, Batujajat Barat, Batujajar Timur, Giriasih, dan baru tiba di Desa Cangkorah. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: