Soal Pengendara Ngamuk di Km 70 Cikampek akibat One Way, Ini Kata Polda Jabar

Agus Warsudi, Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 29 April 2022 - 16:20:00 WIB
Soal Pengendara Ngamuk di Km 70 Cikampek akibat One Way, Ini Kata Polda Jabar
Para pengendara keluar dari mobil lantaran terjebak kemacetan selama berjam-jam akibat penerapan one way di Km 70 Tol Cikampek arah Jakarta. (FOTO: Tangkapan Layar)

BANDUNG, iNews.id - Polda Jabar angkat bicara terkait video sejumlah pengendara, pengguna jalan tol, ngamuk alias marah-marah di Km 70 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta gegara penerapan one way. Menurut Polda Jabar, aksi itu bukan bentuk protes apalagi marah-marah alias ngamuk.

"Tidak ada (yang protes). Sama kayak kasus yang di Puncak kan. Itu (jalur) kami tutup. Yah mereka (nunggu) jadi keluar mobil," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib.

Menurut Kombes Pol Romin Thaib menyatakan, penerapan one way dan ganjil genap selama masa arus mudik Lebaran 2022 telah disetujui seluruh instansi. Sampai saat ini situasi masih kondusif saat one way dan ganjil genap diterapkan di jalur tol dan belum terlihat penumpukan kendaraan ke arah Jawa. 

"Sama juga di jalur arteri (lancar dan kondusif). Sampai saat ini, kondisi arus lalu lintas masih dalam status lancar," ujar Kombes Pol Romin Thaib.

Sementara itu, berdasarkan pantauan video yang beredar di media sosial (medsos), dalam narasi video disebutkan, para pengguna jalan Tol Cipularang arah Jakarta melakukan protes terhadap penerapan one way. 

"08.37: Cipularang macet dari jam 1 pagi ga gerak ke arah Jakarta.  Akhirnya warga protes sampe menutup jalan ke arah Bandung," tulis keterangan dalam video tersebut. 

Sedangkan dalam video lain, terlihat para pengendara mengamuk alias marah-marah akibat kemacetan parah di jalan tol, Kamis (28/4/2022).

Dalam video itu para pemudik yang menggunakan jalan tol marah akibat sistem one way yang diterapkan Korlantas Polri justru mengakibatkan penumpukan kendaraan di kilometer 70 Tol Purbaleunyi arah Bandung menuju Jakarta. 

Para pemudik itu protes lantaran sudah berjam-jam tertahan di tol akibat penerapan sistem one way. Dalam sistem ini, akses tol bagi kendaraan dari arah Bandung ke Jakarta ditutup. Semua diberikan kepada pemudik tujuan Jawa.

Sedangkan pengendara dari arah Bandung menuju Jakarta diharuskan melalui jalur arteri. Sementara, di jalur arteri pun, terjadi kemacetan cukup signifikan. "Tah ieu, bejaan ka Korlantas yeuh. One way bikin modar, (Kasih tau Korlantas, one way bikin mati,)" kata pria perekam video.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: