Seorang Pemulung di TPA Sarimukti Bandung Barat Tewas Tertimbun Longsoran Sampah

Yuwono ยท Kamis, 05 Desember 2019 - 14:40 WIB
Seorang Pemulung di TPA Sarimukti Bandung Barat Tewas Tertimbun Longsoran Sampah
Lokasi tumpukan sampah yang longsor di TPA Sarimukti, Bandung Barat. (Foto: iNews/Yuwono)

BANDUNG BARAT, iNews.id – Tumpukan sampah setinggi dua meter di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat longsor. Seorang pemulung yang tengah berteduh tewas tertimbun.

Uci Mustofa (59), tewas usai tertimbun sampah setinggi dua meter Rabu (4/11/2019) sore. Longsornya sampah ini diduga akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi siang hari. Warga asal Kampung Cigeding, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat ini dimakamkan Kamis (5/12/2019) pagi di pemakaman umum setempat.

Menurut Kapolsek Cipatat, Kompol Asep Nandang, peristiwa ini bermula saat korban bersama tiga temannya yang berprofesi sebagai pemulung ini tengah berteduh karena hujan angin melanda. Saat itu tiba-tiba tumpukan sampah setinggi dua meter longsor dan menimpa korban hingga tewas di lokasi kejadian.

“Saat itu ketiga temannya berhasil menyelamatkan diri, sementara korban terlambat karena faktor umur,” katanya, Kamis (5/12/2019).

BACA JUGA: Viral Tanah Longsor Mirip Likuefaksi di Tana Tidung Kaltara, 6 Alat Berat Tertimbun

Usai menerima laporan adanya warga tertimbun sampah, kepolisian Polsek Cipatat dibantu TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat langsung ke TKP dan mengevakuasi korban ke rumah duka. Selain tumpukan sampah longsor, hujan disertai angin kencang yang terjadi Rabu (4/12/2019) petang juga menyebabkan robohnya bangunan kompos.

Pascaperistiwa longsor sampah di TPA Sarimukti ini, aktifitas tempat pembuangan akhir sampah se Bandung Raya ini berjalan seperti biasanya.

Koordinator Kemitraan TPA Sarimukti, Heri mengatakan akan lebih meningkatkan keamanan di saat hujan dan mengevaluasi agar longsor sampah susulan tidak kembali terjadi. “Melalui peristiwa ini, kami berharap pemerintah lebih meningkatkan infrastruktur yang ada di TPA, pola pelayanan serta koordinasi pemerintah pusat dan daerah,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah