Sempat Putus akibat Longsor, Kini Jalur Utama Cianjur Selatan Bisa Dilewati Pengendara

Antara ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 09:02 WIB
Sempat Putus akibat Longsor, Kini Jalur Utama Cianjur Selatan Bisa Dilewati Pengendara
Jalur utama Selatan Cianjur bisa dilalui kembali. (Foto Antara)

CIANJUR, iNews.id - Jalur utama Selatan Cianjur, Jawa Barat di kawasan Curug Sawer, Kecamatan Cibinong, yang sempat terputus akibat longsor sudah dapat dilalui normal dari kedua arah. Namun pengendara tetap diimbau hati-hati saat hujan turun deras.

"Jalur yang sempat tertutup longsor dan pohon tumbang, sudah dapat dilalui secara normal dari kedua arah. Namun hanya bisa dilalui satu arah bergantian," kata Kapolsek Cibinong, AKP Ahmad Rifai, Kamis (21/5/2020) malam.

Dia menjelaskan setelah terjadi longsor dan pohon tumbang menutupi jalur utama yang menghubungkan Cibinong-Sindangbarang, pihaknya bersama TNI, BPBD, relawan dan warga sekitar berusaha membuka jalur dengan mengunakan alat seadanya, sambil menunggu alat berat dari dinas terkait. Namun upaya tersebut terkendala karena tebalnya longsoran dan besarnya pohon yang tumbang.

Kemudian alat berat datang dan langsung menyingkirkan material longsor dan pohon yang tumbang. Pihaknya tetap menempatkan anggota dan relawan untuk mengatur lalu lintas dan melakukan pengawasan karena ditakutkan longsor susulan kembali terjadi.

"Petugas dan relawan akan mengimbau warga dan pengguna jalan untuk waspada dan hati-hati saat melintas, meskipun saat ini jalur yang sempat terputus sudah dapat dilalui normal." katanya.

Sebelumnya jalur utama Selatan di Cianjur, tepatnya di kawasan Curug Sawer, Kecamatan Cibinong, tertutup longsor dan pohon tumbang, akibatnya arus lalu lintas terputus. Antrian panjang kendaraan pribadi dan pegangkut barang terjebak hingga enam jam selama petugas melakukan evakuasi.

Longsor dan pohon tumbang terjadi saat hujan turun deras dengan intensitas tinggi melanda sebagian besar wilayah Cianjur, sehingga menyebabkan tebing setinggi 30 meter dibagian tepi jalan longsor.


Editor : Faieq Hidayat