Sempat Dikira Suara Kucing, Warga Cianjur Temukan Bayi Baru Lahir Menangis di Sungai

Asep Supiandi ยท Minggu, 18 April 2021 - 21:49:00 WIB
Sempat Dikira Suara Kucing, Warga Cianjur Temukan Bayi Baru Lahir Menangis di Sungai
Seorang warga tengah menyelamatkan bayi yang diduga dibuang orang tuanya di Sungai Cikukulu, Cianjur. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id - Warga menemukan sesosok bayi di sekitar Sungai Cikukulu, Kelurahan Muka, Kecamatan Cianjur, Minggu (18/4/2021). Bayi malang tersebut diduga dibuang oleh orang tuanya sesaat setelah dilahirkan.

Awalnya, warga sempat mendengar suara tangisan bayi seperti kucing. Sehingga banyak di antara mereka mengira ada kucing di sekitar sungai. Namun lama kelamaan suara itu terus terdengar, sehingga beberapa di antara mereka merasa penasaran dan ingin memastikan ke lokasi sumber suara.

Alangkah kagetnya ketika melihat sesosok bayi malang sedang menangis di sekitar sungai. Mereka pun memberitahukan penemuan itu ke Ketua RT dan RW setempat. Mereka kemudian berusaha menyelamatkan bayi itu dengan membawa ke Bidan Ida Royani. 
   
Begitu bayi diperiksa,  Bidan Ida Royani mengatakan, beruntung bayi tersebut dalam keadaan sehat jasmani. Pada badan bayi masih terdapat vernikasilsa yang artinya lemak dari kandungan.
.
“Dalam artian bayi tersebut baru saja lahir, karena apabila vernikasilsa tidak dibersihkan sekitar dua jam setelah lahir akan mengering,” kata dia sebagaimana keterangan dalam akun @visit Cianjur.

Selain itu, tali pusar bayi tersebut sudah dalam keadaan terputus. Kuat dugaan pemotongan tali pusar dilakukan oleh seseorang yang bukan ahlinya. 

Peristiwa penemuan bayu itu sempat diunggah di Instagram melalui akun @visitcianjur. Sontaknya saja beragam kecamaan muncul dari netizen yang merasa geram dengan aksi pembuangan bayi tersebut.

Editor : Asep Supiandi