get app
inews
Aa Text
Read Next : Promosikan Produk UMKM, Pemkot Bandung Gelar Pasar Kreatif

Semarak HUT ke-211, Pemkot Bandung Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi

Jumat, 24 September 2021 - 01:00:00 WIB
Semarak HUT ke-211, Pemkot Bandung Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi
Virtual Media Briefing Tokopedia Nyam Bandung bertemakan Semarakkan Hari Jadi ke-211 Kota Bandung dan Akselerasi Tumbuh Kembang UMKM Mamin Lokal. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Untuk menyambut dan menyemarakan HUT ke-211 Kota Bandung, Pemkot Bandung menggandeng e-commerce, mendorong UMKM Bandung di bidang makanan dan minuman (mamin) beradaptasi dengan teknologi dalam mengembangkan usaha. Pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan omzet.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, sangat penting bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Bandung beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam berbisnis.

"Misalnya, melalui pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia. Harapan kami ke depannya lebih banyak lagi kolaborasi dan inisiatif seperti Tokopedia Nyam Bandung agar UMKM lokal dapat meraja di negeri sendiri,” kata Yana Mulyana dalam virtual media briefing Tokopedia Nyam Bandung, Kamis (23/9/2021).

Dalam kesempatan sama, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Emmiryzan mengatakan, banyak UMKM lokal yang justru menemukan momentum di tengah pandemi untuk memulai usaha. 

"Pada awal kuartal II/2021, jumlah penjual makanan dan minuman yang bergabung di Tokopedia Nyam Bandung bertambah sekitar 60 persen dibandingkan kuartal sebelumnya," kata Emmiryzan.

Inisiatif hyperlocal, termasuk Tokopedia Nyam Bandung, ujar Emmiryzan, sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk dengan pemerintah dan pegiat UMKM lokal Bandung di bidang makanan dan minuman serta seluruh masyarakat Indonesia dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Bagja Putra, pemilik usaha kuliner Daging Sapi Diasapin, mengatakan, Tokopedia Nyam Bandung dan sederet inisiatif lain telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori makanan dan minuman di Tokopedia. 

Peningkatan transaksi yang signifikan, ujar Bagja, dialami Daging Sapi Diasapin. “Sejak mengikuti kampanye Tokopedia Nyam Bandung, penjualan kami meningkat hingga puluhan persen. Kami pun memanfaatkan beragam fitur dan promo, seperti Bebas Ongkir, Flash Sale, Bundling, dan menjadi Official Store sehingga pelanggan toko kami semakin meluas ke wilayah Manado, Makassar hingga Bangka Belitung,” kata Bagja Putra.

Bagja menambahkan, Tokopedia Nyam juga membantu dalam menjangkau lebih banyak pembeli baru yang tertarik untuk mulai mencoba produk daging asap. "Saat ini produk kami juga telah berhasil menjual hingga ratusan produk per bulannya melalui Tokopedia,” ujar Bagja.

Sementara itu, Head of Category Development Tokopedia Pranidhana Mahardhika mengatakan, belanja online semakin menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama di tengah pandemi, termasuk di Kota Bandung.

Kategori makanan dan minuman, kata Pranidhana, menjadi salah satu kategori favorit di Tokopedia selama kuartal II/2021.

“Antusiasme masyarakat terhadap produk makanan dan minuman mendorong minuman, protein dan telur, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, serta sayur dan buah sebagai subkategori produk paling favorit di Tokopedia Nyam Bandung selama kuartal II/2021,” kata Pranidhana Mahardhika.

Selain itu, produk seperti madu, batagor kuah, pisang bolen, dan camilan khas Bandung, seperti seblak, menjadi produk paling diburu masyarakat.

Editor: Agus Warsudi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut