Selokan di Desa Palir Cirebon Jadi Tempat Wisata setelah Ditanami Ikan Hias

Toiskandar ยท Senin, 11 November 2019 - 12:55 WIB
Selokan di Desa Palir Cirebon Jadi Tempat Wisata setelah Ditanami Ikan Hias
Pemerintah Desa Palir menanam ribuan ikan hias di selokan agar warga lebih menjaga lingkungan. (Foto: iNews/Toiskandar).

CIREBON, iNews.id - Pemerintah desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menanam ribuan ikan hias di drainase atau selokan di sekitar perkampungan warga. Ikan dengan beragam jenis dan ukuran tersebut ditempatkan di sana agar masyarakat lebih sadar diri menjaga lingkungan.

Selokan di Desa Palir, Kecamatan Tengah Tani, biasanya kumuh dan berbau karena dipenuhi sampah. Namun kini saluran air sepanjang 40 meter itu tampak berbeda, bahkan menjadi lokasi wisata dadakan.

"Sekarang jadi ke sini temani anak-anak lihat ikan," kata Ratna seorang warga Gegesik, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jabar, Senin (11/11/2019).

Menurut dia, keberadaan selokan dipenuhi ikan hias ini sudah viral di media sosial. Ratna mengaku, tahu informasi tersebut dari para tetangga yang heboh mendapat kabar dari lini massa.

"Iya, memang sudah viral ini," ujar dia.

Kepala Desa Palir, Durahman mengatakan, ide ini berawal dari keprihatinan pemerintah desa atas pencemaran lingkungan. Menurut dia, biasanya selokan tersebut dipenuhi sampah, sehingga menyumbat aliran air yang dipakai untuk pengairan sawah tersebut.

Dengan mengubah wajah drainase, kata dia, diharapkan selokan dapat lebih berfungsi dengan baik. Bukan hanya itu, warga pun merasa lebih sadar diri untuk menjaga lingkungannya.

"Mereka jadi tidak membuang sampah sembarangan lagi," kata Durahman.

Pantauan iNews, selokan di dekat area bermain anak ini kerap dikunjungi warga. Mereka bahkan secara mandiri memungut sampah di drainase tersebut dengan jaring ikan, supaya lebih enak dipandang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal