Selamat Tinggal 2020, Jabar Lanjutkan Perang Lawan Covid-19 di 2021

Agung Bakti Sarasa, pandemi virus corona · Jumat, 01 Januari 2021 - 16:00:00 WIB
Selamat Tinggal 2020, Jabar Lanjutkan Perang Lawan Covid-19 di 2021
Petugas pemulasaraan jenazah memakamkan pasien Covid-19. (Foto: Antara)

Setelah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Jabar Nomor 60 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Administratif terhadap Pelanggaran Tertib Kesehatan dalam Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan AKB di Jabar, Pemda Provinsi Jabar meluncurkan aplikasi bernama "Sicaplang" (Aplikasi Pencatatan Pelanggaran) di Kawasan Pantai Pangandaran, Sabtu (22/8/2020). 

Sicaplang mencatat jenis dan jumlah pelanggaran yang dilakukan hingga sanksi yang diberlakukan merujuk Pergub Jabar Nomor 60/2020. Petugas Satpol PP Jabar yang melakukan pencatatan di aplikasi ini pun sudah diberikan pelatihan.

Swasembada Alat Medis
Faiz mengatakan, perguruan tinggi di Jabar juga konsisten memproduksi secara mandiri semua peralatan medis untuk melawan Covid-19. Dengan swasembada alat seperti PCR, rapid test, ventilator hingga alat pelindung diri (APD), Jabar bisa lebih maksimal dalam penanganan Covid-19.

Faiz mencontohkan, Universitas Padjadjaran (Unpad) terus mengembangkan Deteksi CePAD atau Rapid Test 2.0 (sebutan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil). Hasil inovasi lain dari Unpad adalah VitPAD-iceless Transport System, sebuah Viral Transport Medium (VTM) yang memiliki ketahanan dan keamanan untuk penyimpanan dan transportasi sampel virus di suhu ruang. 

Selain itu, Unpad dan Institut Teknologi Bandung (ITB), serta Rumah Amal Salman berinovasi membuat ventilator portabel Vent-I yang mudah dioperasikan dan terjangkau guna membantu penyembuhan pasien Covid-19. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: