Selama Pandemi Covid-19, Banyak Anak Jadi Korban Kekerasan Psikis

Arif Budianto · Kamis, 11 Agustus 2022 - 09:52:00 WIB
Selama Pandemi Covid-19, Banyak Anak Jadi Korban Kekerasan Psikis
Banyak anak yang menjadi korban kekerasam psikis selama pandemi Covid-19. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A Kota Bandung Aniek Febriani mengatakan banyak yang mengalami kekerasan psikis. Penyebabnya dari banyak orang tua yang mulanya bekerja, tapi karena dampak pandemi, mereka menjadi tidak bekerja.

"Seorang ayah yang biasanya di luar rumah jadi di dalam rumah mengakibatkan tingkat stressnya tinggi. Seorang ibu yang harus mendampingi anak-anaknya belajar, bingung ajari anak jadi nadanya lebih tinggi," katanya.

Padahal menurutnya, salah satu prinsip dalam memenuhi hak anak adalah tidak boleh mendiskriminasi. Seperti hari ini, lewat acara Hari Anak Nasional (HAN), ditampilkan beragam bakat dari anak-anak Kota Bandung, termasuk penampilan dari anak-anak berkebutuhan khusus.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, anak-anak ada dalam posisi yang rentan tercederai atau bahkan terampas hak-haknya, terutama di tengah era digital. Beberapa bahaya yang mengancam generasi muda antara lain konten pornografi, kekerasan, dan kecanduan gawai.

"Kita takut hadirnya generasi 'merunduk' yang tidak bisa berkomunikasi secara horizontal. Kita khawatir generasi muda ini terdegradasi dalam sisi perilaku dan nilai," ujar Ema.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: