Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Bogor Jadi Tersangka Penyuapan

Antara · Kamis, 05 Maret 2020 - 16:17:00 WIB
Sekretaris Dinas Perumahan Kabupaten Bogor Jadi Tersangka Penyuapan
Ilustrasi

BOGOR, iNews.id - Polres Bogor resmi menetapkan Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Irianto sebagai tersangka kasus penyuapan. Irianto terkena operasi tangkap tangan (OTT) pada Selasa (3/3/2020) sore.

"Statusnya sudah tersangka. Kita kenakan tindak pidananya korupsi menerima uang, sebagian bukan kewenangannya," ujar Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, Irianto ditetapkan tersangka bersama satu orang stafnya berinisial FA. Sedangkan empat orang lainnya yang juga terkena OTT, sampai saat ini masih berstatus sebagai saksi.

Roland menyebutkan, enam orang yang terdiri dari tiga pegawai negeri sipil (PNS) dan tiga pengusaha itu terjaring OTT terkait suap pengurusan izin rumah sakit di Kecamatan Cibungbulang, dan vila di Kawasan Puncak Kecamatan Cisarua. Polisi masih terus melakukan pemeriksaan.

"Masih kita dalami apakah untuk mengurus dokumen yang semestinya tidak bisa keluar, terus jadi keluar. Masih dalam proses pemeriksaan," ujar Roland.

Namun, dia meluruskan bahwa dari barang bukti berupa uang senilai Rp120 juta yang disita, hanya Rp50 juta uang yang diterima Irianto pada hari itu. Sedangkan sisanya Rp70 juta masih dalam tahap penelusuran mengenai asal-usulnya.

Kedua tersangka itu terancam dijerat Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

 

Editor : Muhammad Fida Ul Haq