Sejumlah Masjid di Bekasi Kota Bersiap Gelar Salat Idul Fitri

Rahmat Hidayat ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 13:00 WIB
Sejumlah Masjid di Bekasi Kota Bersiap Gelar Salat Idul Fitri
Petugas menyemprot disinfektan ke salah satu masjid di Kota Bekasi, Sabtu (23/5/2020). (Foto: iNews/Rahmat Hidayat)

BEKASI, iNews.id - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) mengizinkan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di masjid. Kebijakan ini hanya untuk masjid di area zona hijau Covid-19.

Dari pantauan iNews, sejumlah masjid di zona hijau seperti di Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria dan Kelurahan Ciketing Udik sudah bersiap untuk salat Idul Fitri besok. Masjid ini bersiap dengan protokol kesehatan, seperti penyemprotan disinfektan, persiapan hand sanitizer sampai physical distancing.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhyanto mengatakan, pemerintah mengizinkan sejumlah kelurahan zona hijau. Diakuinya banyak pihak khawatir adanya klaster baru Covid-19 usai menggelar salat Idul Fitri.

"Orang salat mudah-mudahn datang dengan bersih dan bajunya juga bagus, baik dan mereka sudah menyiapkan protokol kesehatannya," ucap Tri Adhyanto, Sabtu (23/5/2020).

Namun, dia memastikan warga yang ikut salat Idul Fitri tidak bersalam-salaman. Warga juga diimbau tidak melakukan halal bihalal. Hal tersebut menyulitkan petugas untuk mentracking jika ditemukan kasus Covid-19.

"Jangan berangkat untuk halal bihalal, itu akan menyulitkan petugas," katanya.

Tri menambahkan, salat Id tersebut akan di gelar dengan masing-masing jarak 1,5 meter antarjemaah. Tri berharap tidak ada klaster baru setelah salat Id nantinya.

Diketahui sebelumnya, Pemkot Bekasi dan Majelis Ulama Indonesia Kota Bekasi mengizinkan 41 kelurahan zona hijau untuk melaksanakan salat Id. Sedangkan 15 kelurahan lainnya yang masuk dalam zona merah dan tidak boleh melaksanakan salat Idul Fitri di masjid.


Editor : Nani Suherni