Seharian, Pendaki asal Bandung Tersesat di Gunung Manglayang Sumedang

Antara ยท Minggu, 26 Juli 2020 - 17:00 WIB
Seharian, Pendaki asal Bandung Tersesat di Gunung Manglayang Sumedang
Sejumlah petugas gabungan melakukan pencarian pendaki yang hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut. (Foto Antara).

SUMEDANG, iNews.id - Tim SAR gabungan menemukan seorang pendaki dalam keadaan selamat setelah sehari tersesat di Gunung Manglayang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Minggu (26/7/2020). Pendaki tersebut tersesat karena terpisah dari rombongannya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jawa Barat, Deden Ridwansah mengatakan, timnya bersama sukarelawan telah menemukan pendaki laki-laki bernama Agus Febrianto (28) warga Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung.

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan survivor atas nama Agus dalam keadaan selamat," kata Deden.

Dia menuturkan, dari laporan di lapangan korban bersama tiga temannya melakukan pendakian ke Gunung Manglayang melalui jalur pendakian Baru Beureum pada Sabtu (25/7/2020) sekitar pukul 05.00 WIB.

Namun di tengah perjalanan sekitar pukul 09.00 WIB, kata Deden, korban terpisah dengan rombongannya di sekitar Pos 4 jalur pendakian, hingga menjelang malam korban tidak ada kabarnya.

Selanjutnya warga melaporkan ke Kantor SAR pada Sabtu (25/7) malam, kemudian petugas menerjunkan tim, berikut peralatan lengkap untuk pencarian di kawasan gunung.

"Pukul 21.30 WIB, Kantor SAR Bandung memberangkatkan satu tim penolong menuju lokasi kejadian," katanya.

Deden menyampaikan tim gabungan lalu menyusuri jalur pendakian hingga akhirnya menemukan korban di sekitar Curug Ciantani atau sekitar 1,3 km dari lokasi awal korban terpisah dalam keadaan sehat dan selamat.

Selanjutnya korban oleh petugas dievakuasi ke Pos Pendakian Baru Beureum untuk mendapatkan perawatan sebelum akhirnya diserahkan kepada keluarga korban.

"Pukul 02.00 WIB Tim SAR gabungan dengan survivor tiba di Pos Pendakian Baru Bereum, selanjutnya survivor diserahterimakan kepada keluarga," kata Deden.


Editor : Kastolani Marzuki