Sasar 3.000 Warga Bandung, OJK Dorong Percepatan Vaksinasi Pekerja Wisata

Arif Budianto ยท Minggu, 25 Juli 2021 - 13:30:00 WIB
Sasar 3.000 Warga Bandung, OJK Dorong Percepatan Vaksinasi Pekerja Wisata
Otoritas Jasa Keuangan percepat vaksinasi untuk pekerja sektor pariwisata. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong percepatan vaksinasi bagi pekerja sektor pariwisata di Bandung. Sektor ini dibidik karena merupakan nasabah dari lembaga jasa keuangan.

“Merupakan upaya kita untuk bersinergi, bersama-sama pemerintah mempercepat vaksinasi. Untuk mencapai herd immunity, sebanyak 80 persen atau 208 juta penduduk Indonesia harus dilakukan vaksinasi. Pemerintah telah berupaya secara optimal dalam menyediakan vaksin, mendistribusikan dan menyelenggarakan vaksinasi,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso pada siaran persnya. Minggu (25/7/2021).

Menurut dia, Presiden telah memberikan arahan agar sektor jasa keuangan menjadi hub untuk vaksinasi. Sehingga pihaknya akan terus melakukan vaksinasi untuk pegawai, keluarga dan masyarakat yang menjadi nasabah sektor jasa keuangan, termasuk di antaranya para pelaku usaha di sektor pariwisata.

Vaksinasi di Bandung, diselenggarakan oleh Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat, Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Enhaii Bandung. Kantor Regional 2 Jawa Barat OJK turut berkontribusi dalam kegiatan Vaksinasi Massal 24 – 25 Juli 2021 di STP Enhaii Bandung dengan sasaran sebanyak 3.000 peserta vaksinasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas kolaborasi yang terus berjalan dengan industri dalam memastikan upaya-upaya kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang kali ini terwujud bersama OJK. 

“Alangkah indah kalau kita bisa gabungkan dengan sektor keuangan, sinergi dengan OJK. Ini yang kita harapkan agar sektor pariwisata dapat mencapai target vaksinasi 95 persen agar bisa mendorong herd immunity. Mari kita bergandengan tangan agar kita percepat pemulihan-kebangkitan ekonomi kita dan memberikan bantuan pada masyarakat yang betul-betul membutuhkan," tutur Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono menggandeng Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Barat memberikan bantuan dana kepada penyelenggara kegiatan vaksinasi sebesar Rp50.000.000,00 yang diterima oleh Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar.

“Kami sangat mendukung upaya percepatan vaksinasi pelaku usaha sektor pariwisata dengan mengalokasikan sebanyak 3 ribu dari total 40,6 ribu dosis vaksin yang dipercayakan oleh Kementerian Kesehatan kepada OJK KR2 Jawa Barat," katanya. 

Editor : Asep Supiandi