Sang Guru Minta Pelatih Tarung Derajat Harus Miliki Sikap Jujur

Okezone ยท Jumat, 30 Maret 2018 - 22:44 WIB
Sang Guru Minta Pelatih Tarung Derajat Harus Miliki Sikap Jujur
Ratusan pelatih Tarung Derajat saat mengikuti silaturahim dan pengukuhan di rumah Sang Guru Tarung Derajat di Bandung. (Foto: istimewa)

BANDUNG, iNews.id – Sebanyak 219 pelatih Tarung Derajat dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat mengikuti silaturahmi dan acara Pengukuhan Dewan Pelatih Daerah dan Cabang. Acara tersebut bertempat di kediaman Sang Guru Tarung Derajat, GH Achmad Dradjat atau yang lebih dikenal dengan sebutan AA Boxer, di Jalan Buahbatu Nomor 13 Bandung dan dipimpin langsung oleh Sang Guru Tarung Derajat.

Pada kesempatan ini pula, setelah dikukuhkannya Dewan Pelatih Daerah yang diketuai oleh H. Eddy Rachman (Zat II) juga akan dibentuk Dewan Pelatih Cabang yang kemudian dilakukan pendataan pelatih, kualifikasi/kriteria pelatih (baik pelatih cabang maupun pelatih satlat), asisten pelatih, dan kader satlat (satuan latihan). Hal tersebut dilakukan dengan harapan proses pembinaan dapat berjalan lancar dengan menjaga moralitas dan kualitas teknik Pelatih Tarung Derajat.

Dalam sambutannya, Sang Guru Tarung Derajat menyatakan bahwa silaturahmi tersebut diselenggarakan untuk merekatkan rasa persaudaraan di antara para pelatih. Selain itu, Aa Boxer juga menekankan agar para pelatih tersebut memiliki sikap yang bisa dijadikan teladan.

“Silaturahmi ini sebagai ajang merekatkan rasa persaudaraan di antara para pelatih di Jawa Barat. Para Pelatih Tarung Derajat juga harus memiliki sikap toleransi yang berani dan jujur atau berkelakuan yang sesuai dengan akhlak,” ucap AA Boxer dalam sambutannya, Jumat (30/3/2018).

Dengan dilaksanakannya konsolidasi Pelatih di Jawa Barat ini, Perguruan Pusat mengharapkan Pembinaan Tarung Derajat di daerah atau di kabupaten/kota bisa lebih terarah, berstandar, dan dapat bersinergi dengan KONI dan Dinas atau Instansi terkait.

Dalam waktu dekat ini, Tarung Derajat akan menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) Antar-Mahasiswa se-Jawa Barat di GOR Padjajaran Kota Bogor pada 8-10 April 2018. Setelah itu, Milad dan Kejuaraan Tarung Derajat se-Jawa Bali yang akan digelar di GOR Bima Kota Cirebon pada 13-15 Juli 018.

Jawa Barat merupakan salah satu wilayah yang saat ini antusias mempopulerkan Tarung Derajat. Pasalnya, selain kegiatan di atas, Jawa Barat juga menghadirkan Kejuaran Daerah Tarung Derajat Antarmahasiswa se-Jawa Barat yang di selenggarakan oleh Universitas Pakuan Bogor.

Acara tersebut diikutioleh 123 petarung, yang terdiri dari 85 putra dan 32 putri, serta diikuti oleh 15 pengcab dan 40 satlat yang berada di daerah Jawa Barat. Melalui Kejuaraan Daerah Tarung Derajat Antarmahasiswa itu diharpkan dapat meningkatkan semangat sportivitas dan pencapaian prestasi petarung Jawa Barat.


Editor : Kastolani Marzuki