Rumah Rusak, Ratusan Korban Gempa di Pamijahan Bogor Tidur di Tengah Sawah

Wildan Hidayat ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 20:00 WIB
Rumah Rusak, Ratusan Korban Gempa di Pamijahan Bogor Tidur di Tengah Sawah
Ratusan korban gempa di Pamijahan, Kabupaten Bogor mengnungsi di tengah sawah akibat rumahnya rusak parah. (Foto: iNews/Wildan Hidayat)

CIBINONG, iNews.id – Ratusan warga Kampung Cisalada, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor terpaksa mengungsi di tengah sawah lantaran rumahnya rusak akibat diguncang gempa Magnitudo 5 yang berpusat di Sukabumi, Selasa (10/3/2020) petang lalu.

Mereka mendirikan tenda di tengah sawah dengan terpal seadanya. Sebagian korban gempa lainnya mengungsi ke rumah kerabat.

Ironisnya, hingga Rabu (11/3/2020) mereka belum menerima bantuan logistik berupa makanan maupun obat-obatan dari pemerintah daerah. “Belum ada bantuan. Makanan juga belum ada,” kata korban gempa, Elih.

Dia mengatakan, kebutuhan mendesak yang diharapkan korban gempa yakni makanan untuk bayi dan anak-anak.

Kepada Desa Purwabakti, Tajudin, memastikan tidak ada korban jiwa akibat gempa itu. Dia mengatakan gempa tersebut merusak sekitar 340 rumah milik warga yang rusak di desanya.

“Sementara ini nggak ada korban jiwa, alhamdulillah," kata Tajudin, Rabu (11/3/2020).

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin saat mendatangi lokasi pengungsian mengatakan pihaknya akan menyediakan tenda serta dapur darurat bagi korban gempa.

“Kita akan siapkan tenda darurat yang lebih baik dari BPBD beserta logistik dan dapur umumnya,” katanya.

Pemkab Bogor juga akan membantu perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa. Ade mengakui hingga saat ini korban gempa di Pamijahan masih trauma sehingga masih mengungsi di tenda-tenda darurat.

“Kondisi sekarang sudah aman, tapi warga masih trauma dengan getaran-getaran gempa kemarin. Kita imbau warga yang rumahnya tidak rusak untuk kembali ke rumah masing-masing,” katanya.

Diketahui, gempa bumi dengan Magnitudo 5 mengguncang Sukabumi, Selasa (10/3/2020) petang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa yang mengguncang wilayah Sukabumi pada pukul 17.18 WIB tersebut berada pada koordinat 6.81 LS dan 106.66 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 kilometer arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.


Editor : Kastolani Marzuki