RSU dr Slamet Garut Penuh Pasien Covid-19, Fasilitas Isolasi Segera Ditambah

Ii Solihin ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 11:17:00 WIB
RSU dr Slamet Garut Penuh Pasien Covid-19, Fasilitas Isolasi Segera Ditambah
RSU dr Slamet Garut mulai dipenuhi pasien Covid-19 menyusul lonjakan warga yang terkonfirmasi positif dalam beberapa waktu terakhir. (Foto: iNewsTv/Ii Solihin)

GARUT, iNews.id - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut mengalami outbreak atau peningkatan cukup signifikan. Akibatnya, beberapa tempat isolasi termasuk di Rumah Sakit Umum (RSU) dr Slamet Garut sudah mulai terisi penuh. 

Pemkab Garut pun langsung melakukan langkah-langkah antisipasi guna mencegah kekurangan tempat isolasi, dengan menambah sejumlah fasilitas. Salah satunya menggunakan empat puskesmas sebagai tempat isolasi dengan menambah 100 bed. 
 
Selain itu juga diatur soal penempatan pasien yang diisolasi. Di RSU dr Slamet hanya untuk tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19 bergejala sedang dan berat. Rumah sakit ini pun tingkat keterisian sudah mencapai 70 persen. Sementara di empat puskesmas khusus untuk penanganan pasien Covid-19 bergejala ringan.
 
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, mengatakan, fasilitas di RSU dr Slamet akan ada penambahan jumlah bed dan memaksimalkan ruang isolasi yang saat ini berada di Gedung Puspa.
 
"Melihat masih ada beberapa ruangan di Gedung Puspa ini yang tidak digunakan untuk merawat pasien Covid-19, karena fasilitasnya kurang,  seperti WC-nya kurang dan yang lainnya. Pemkab Garut akan segera membenahi ruangan yang tidak terpakai itu supaya bisa digunakan untuk merawat dan mengisolasi pasien positif Covid-19," kata Helmi," Kamis (10/6/2021).
 
Helmi mengimbau kepada masyarakat yang terpapar Covid-19 dan hanya mengalami gejala ringan untuk langsung ke puskesmas yang disediakan, tidak dirawat di RSU dr Slamet.

Editor : Asep Supiandi