Ridwan Kamil Sebut Klaster Secapa AD Kejadian Luar Biasa

Agung Bakti Sarasa, Sindonews ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 17:46 WIB
Ridwan Kamil Sebut Klaster Secapa AD Kejadian Luar Biasa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto Humas Pemprov Jabar).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut klaster baru virus corona di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) sebagai kejadian luar biasa. Pemprov Jabar pun langsung melakukan langkah untuk menekan penyebaran virus corona.

"Saya barusan bermusyawarah bersama wali kota Bandung terkait kejadian luar biasa di institusi kenegaraan, khususnya Secapa (AD) yang memang sangat luar biasa yang kami sebut sebagai anomali. Jadi, ini bukan sebuah pola (penyebaran COVID-19)," ujar Ridwan Kamil, Jumat (10/7/2020).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu sudah bersepakat dengan Wali Kota Bandung, Oded M Danial untuk segera menindaklanjuti munculnya klaster Secapa AD. Langkah pertama menggelar tes Covid-19 terhadap masyarakat di sekitar Secapa AD.

"Pengetesan lingkungan sekitar wajib hukumnya karena dulu (klaster Stukpa Polri) di Sukabumi juga bocor ke wilayah sekitarnya," ucap dia.

Kedua, Kang Emil menyarankan agar Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Bandung memberlakukan pembatasan sosial berskala mikro (PSBB) di kawasan Hegarmanah dan sekitarnya. "Jadi, jalan-jalan masuk ditutup, yang bisa masuk hanya penghuni untuk memastikan tidak ada kebocoran," kata dia.

Tindakan lainnya, lanjut Kang Emil, berkoordinasi dengan Panglima TNI bahwa penanganan klaster Secapa AD akan dilakukan secara mandiri oleh TNI AD. "Sehingga kita hanya mengerjakan (penanganan) di luar kompleks, tracing kepada keluarganya, testing kepada warga di luar kompleks," kata Kang Emil.

Selain itu, dia bersama Panglima TNI dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Pusat bersepakat untuk menggelar tes massal di sekolah-sekolah kenegaraan yang berada di Jabar. Tujuannya agar kasus Secapa AD tidak terulang.

Meski begitu, Kang Emil menyakini klaster Secapa AD tidak akan memicu lonjakan kasus terkonfirmasi positif di Provinsi Jabar. "Kelihatannya (kasus terkonfirmasi positif Covid-19) akan kembali di bawah 100 (kasus) lagi sesuai keterkendalian sebelumnya," kata dia.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku siap melaksanakan arahan Ridwan Kamil. Bahkan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Bandung sudah menggelar tes Covid-19 kepada warga di sekitar kompleks Secapa AD.

"Hari Minggu besok juga ada pemeriksan tes swab. Baru ada 28 orang yang siap melakukan pemeriksaan, nanti dilaksanakan di balai kota, masyarakat lain juga masih didata, agar bisa melaksanakan tes," katanya.


Editor : Faieq Hidayat