Ridwan Kamil Minta Arsitek Sumbang Gagasan Bangun Jabar

Tim iNews.id ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:35:00 WIB
Ridwan Kamil Minta Arsitek Sumbang Gagasan Bangun Jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto Antara).

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil meminta arsitek memberikan ide atau gagasan membantu pemerintah. Mereka bisa membangun Jabar melalui berbagai proyek strategis.

Ridwan Kamil menyebut arsitek harus berperan aktif dalam memberikan ide dan gagasan secara ilmiah kepada pemerintah. Namun usulan ide atau gagasan disampaikan logis dan memberikan solusi nyata.

“Pendidikan arsitektur membekali saya satu hal, (yakni) dengan pendidikan arsitektur kita bisa memberikan solusi jika ada sebuah problem statement dengan hasil kerja yang paling realistis,” kata pria disapa Kang Emil seperti dikutip Pemprov Jabar, Rabu (21/10/2020).

Hal itu disampaikan Kang Emil yang juga arsitek dalam web seminar "70 Tahun Pendidikan Arsitektur Indonesia: Arsitektur Untuk Kebaikan Bersama" melalui konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (20/10/2020).

Kang Emil mengatakan proses kerja pemerintahan terbagi menjadi dua bagian yaitu top down dan bottom up. Untuk proses kerja top down, kata dia proyek lahir sesuai karakter pemimpin.

“Apabila pemimpinnya berpikir secara sosial ekonomi, (maka) seperti apa yang sedang saya kerjakan, yaitu merevitalisasi alun-alun di setiap kabupaten/kota di Jabar,” ujar Kang Emil.


Editor : Faieq Hidayat