Ridwan Kamil Jadi Gubernur Jabar, DPRD Akan Rapat Paripurna Istimewa

Yogi Pasha ยท Selasa, 24 Juli 2018 - 14:50 WIB
Ridwan Kamil Jadi Gubernur Jabar, DPRD Akan Rapat Paripurna Istimewa
Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat saat menyerahkan surat keputusan penetapan pasangan calon terpilih kepada Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum di Kantor KPU Jabar. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha).

BANDUNG, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat (KPU Jabar) telah menetapkan secara sah pasangan calon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih 2018, Selasa (24/7/2018). Penetapan tersebut ditindaklanjuti DPRD Jabar dengan melaksanakan rapat paripurna istimewa yang rencananya digelar, Rabu (25/7/2018), besok.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadi Sundari mengatakan, telah menerima Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan Gubernur dan wakil Gubernur Terpilih 2018-2023 dari Ketua KPU Jabar. “Kami tidak perlu menunggu waktu lima hari untuk menindaklanjuti SK KPU. Besok, kami akan mulai dengan rapat paripurna istimewa," kata Ineu di KPU Jabar,  Selasa (24/7/2018).

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menuturkan, penetapan pasangan calon terpilih merupakan bagian dari tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar yang harus dijalankan. Penetapan tersebut juga digelar setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan tidak ada gugatan terkait hasil Pilgub Jabar.

Sementara itu, Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil atau Emil mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas kepercayaan masyarakat untuk memimpin Jabar lima tahun ke depan. Menurut dia, amanah tersebut akan segera dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi selama kampanye. Emil menyebutkan, setelah penetapan yang dilakukan KPU Jabar, kini tinggal menunggu pelantikan yang rencananya akan berlangsung di Istana Negara oleh Presiden pada 17 September 2018, mendatang.


Editor : Muhammad Saiful Hadi