Ridwan Kamil Ajak BUMN di Jabar Selaraskan Program Pembangunan

Yogi Pasha ยท Rabu, 21 November 2018 - 16:25:00 WIB
Ridwan Kamil Ajak BUMN di Jabar Selaraskan Program Pembangunan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ketika diwawancarai wartawan. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, menyatakan pihaknya tengah menyiapkan sejumlah proyek infrastruktur untuk 30 BUMN dan BUMD yang tergabung dalam Forum BUMN.

Pengerjaan ini akan dilakukan secara lelang agar dapat diselaraskan dengan program pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Emil (sapaannya) mengatakan, Forum BUMN resmi terbentuk saat ini, dan baru diikuti 30 instansi di wilayah Jabar. Nantinya, forum tersebut diharapkan bisa menyelaraskan program pembangunan daerah dengan rencana program BUMN.

"Ini (forum BUMN) baru komitmen awal. Berikutnya adalah lelang program. Kita masuk dalam era birokrasi dinamis. Pembangunan bisa tercapai, tetapi yang melakukan tidak hanya melalui birokrasi," kata Emil usai menggelar Rapat dengan Forum BUMN di Gedung Sate Bandung, Jabar, Rabu (21/11/2018).

Menurut dia, Pemprov Jabar telah menyiapkan sedikitnya 150 program yang siap diambil BUMN. Misal, ada satu BUMN yang berminat untuk mengambil program "Satu Desa Satu Hafidz". Maka, dapat dikolaborasikan bersama.

"Jadi tadi, pembangunan bisa dilakukan oleh akademis, bisnis, government, community dan media," tegasnya.

Sementara itu, menurut Deputi Agro dan Farmasi Kementerian BUMN, Wahyu Kuncoro, selama ini BUMN sebenarnya sudah berkolaborasi pemerintah daerah (pemda). Namun, apa yang diinisiasi Gubernur Jabar memang membuat kerja sama ini lebih tertib.

"Saya pikir, luar biasa supaya lebih teratur jadi nanti program-program BUMN sejalan dengan program Pak gubernur," katanya.

Saat ditanya apakah pembentukan Forum BUMN ini pertama kali di Indonesia, menurut Wahyu, mungkin pembentukan ini memang yang pertama kali dinisiasi oleh gubernur. Karena itu, pihaknya siap memberikan dukungan atas program Ridwan Kamil.

Terkait nilai total dana CSR yang ada di BUMN Jabar, Wahyu mengatakan, angka masih belum diketahui, karena ide serta gagasan tersebut tergolong urusan teknis.

"Nanti akan di-follow up lelang program jadi ketahuan siapa yang bisa in line dengan program Pak gubernur," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal