Ribuan Kendaraan Wisatawan Antre 3 Km Menuju Lembang

Yuwono ยท Sabtu, 16 Juni 2018 - 16:47 WIB
Ribuan Kendaraan Wisatawan Antre 3 Km Menuju Lembang
Antrean kendaraan menuju kawasan objek wisata Lembang, Bandung Barat, mencapai 3 km, Sabtu (16/6/2018). (Foto: iNews/Yuwono)

BANDUNG BARAT, iNews.id – Hari kedua libur panjang Hari Idul Fitri, wisatawan memadati sejumlah tempat wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Jabar). Arus lalu lintas dari arah Bandung menuju jalan raya Lembang mengalami kemacetan sepanjang lebih dari 3 kilometer (km), Sabtu (16/6/2018).

Pantauan iNews, sejak Sabtu pagi, ribuan kendaraan wisatawan yang didominasi dari luar Kota Bandung seperti Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera memadati jalan utama Lembang. Antrean kendaraan mengular sepanjang lebih dari 3 km dari perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, hingga jalan raya Lembang.

Kemacetan kendaraan tak hanya terjadi hanya di jalan utama, tapi juga di sejumlah akses jalan menuju objek wisata Lembang, seperti Jalan Maribaya Lembang. Akibat padatnya volume kendaraan, pengemudi hanya bisa memacu kendaraan 10 hingga 20 km per jam.

Kanit Lantas Polsek Lembang AKP Asep Rathman mengatakan, peningkatan volume kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang sudah terjadi sejak pukul 08.00 WIB tadi. Volume kendaraan yang padat di sekitar objek wisata Farmhouse menyebabkan antrean kendaraan hingga Terminal Ledeng Kota Bandung.

Untuk mengurangi kemacetan, Polsek Lembang berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung. Sebagian kendaraan yang menuju Lembang dialihkan melalui Jalan Sersan Bajuri Bandung dan nantinya keluar dari Patrol Parompong Cisarua.

“Di dalam Kota Lembang, volume kendaraan padat mulai dari pertigaan Beatrix sampai dengan Panorama Lembang. Mengurangi kepadatan di kawasan Setiabudi dilakukan buka tutup di kawasan pertigaan Beatrix sampai dengan simpang Grand Hotel,” kata Asep Rathman.

Asep menambahkan, untuk arah sebaliknya dari Subang-Lembang menuju Bandung relatif normal. Kepadatan kendaraan menuju kawasan Lembang diprediksi akan terus terjadi selama libur Lebaran karena merupakan destinasi favorit bagi wisatawan. Objek wisata ini menawarkan banyak sekali objek wisata, baik alam dan kulinernya.


Editor : Maria Christina