Rem Blong, Sepeda Motor Tabrak 2 Kendaraan di Parongpong Bandung Barat, 3 Orang Tewas

Yuwono ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 23:59 WIB
Rem Blong, Sepeda Motor Tabrak 2 Kendaraan di Parongpong Bandung Barat, 3 Orang Tewas
Rekaman CCTV detik-detik saat sepeda motor Honda Beat melaju kencang hingga menabrak motor dan mobil di depannya di Jalan Katumiri, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jabar, Selasa (25/2/2020). (Foto: iNews/Yuwono)

BANDUNG, iNews.idKecelakaan maut diduga akibat sepeda motor mengalami rem blong terjadi di Jalan Katumiri, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat (Jaba), Selasa (25/2/2020). Akibat kecelakaan, tiga orang tewas. Dua di antaranya ibu dan anak.

Detik-detik kecelakaan yang melibatkan tiga kendaraan itu terekam kamera CCTV. Tampak sepeda motor jenis matic yang ditumpangi tiga orang melaju dengan kecepatan sangat tinggi di jalan dengan kondisi turunan. Motor yang tidak terkendali tersebut menabrak sepeda motor Honda Revo dan mobil Toyota Avanza yang melaju di depannya.

Motor matic Honda Beat yang tidak terkendali tersebut langsung terjun ke parit di sisi kiri jalan. Sementara pengendara sepeda motor dan dua orang yang dibonceng terlempar di badan jalan. Dua orang tewas di tempat kejadian perkara (TKP) dan satu tewas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat.

Korban tewas bernama Siti Aisya (36), dan Fabian (5), yang merupakan ibu dan anak. Sementara satu korban tewas lainnya bernama Regiana. “Semua korban mengalami luka parah di kepala,” kata Kanit Laka Lantas Polres Cimahi Iptu Erin.

Erin mengatakan, petugas Unit Laka Lantas Polres Cimahi telah meminta keterangan dari saksi-saksi dan memeriksa rekaman CCTV. Polisi juga telah melakukan olah TKP. Diduga sepeda motor yang ditumpangi tiga korban tersebut mengalami masalah di bagian rem yang tidak berfungsi. Akibatnya, pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraan dan melaju hingga kecepatan lebih kurang 90 kilometer (km) per jam.

“Ini diduga akibat permasalahan rem blong. Itu dibuktikan kondisi kampas rem depan sudah habis, stelan belakang juga tidak maksimal. Pada saat tuas rem belakang ditarik, ban masih dalam posisi bisa berputar. Jadi, dengan kondisi muatan tiga orang dan turunan cukup tajam, motor tidak terkendali,” kata Iptu Erin.

Ketiga jenazah yang sempat dibawa ke RSUD Cibabat sudah dibawa keluarga ke rumah duka untuk dikebumikan. Sementara itu kondisi motor korban yang sudah tidak berbentuk dibawa ke Kantor Unit Laka Lantas Polres Cimahi.


Editor : Maria Christina