Reaktivasi 4 Jalur Kereta Api di Jabar, PT KAI Mulai Survei Lapangan

Yogi Pasha ยท Sabtu, 29 September 2018 - 13:05 WIB
Reaktivasi 4 Jalur Kereta Api di Jabar, PT KAI Mulai Survei Lapangan
Salah satu jalur kereta api rute Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey yang sudah belasan tahun tidak aktif. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia terus mempersiapkan rencana reaktivasi atau pengaktifan empat jalur kereta api di Jawa Barat (Jabar) tahun ini. Saat ini, PT KAI telah melakukan survei di jalur KA yang rencananya bakal diaktifkan kembali. 

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, rencana pengaktifan empat jalur kereta api di wilayah Jabar saat ini sedang dalam tahap survei atau penelitian. Survei dilakukan di jalur Bandung-Ciwidey Cibatu, Garut-Cijulang, Pangandaran, dan Jatinangor-Tanjungsari, Sumedang. 

Survei lapangan dilakukan, kata Edi, untuk mengetahi berapa banyak masyarakat yang bakal terkena dampak dan berapa besar biaya yang dibutuhkan dalam rencana pengaktifan empat jalur KA tersebut. 

"Kami sekarang mulai melakukan survei karena jalur-jalur mati ini sudah ditinggalkan sekian lamanya. Nanti setelah hasil survei kami baru bisa hitung berapa biaya, berapa lama bisa dikerjakan dan seperti apa solusi terbaiknya," kata Edi usai menghadiri kegiatan Jalan Sehat dalam rangka HUT ke-73 PT KAI di Kota Bandung, Sabtu (29/9/2018).

Dia menyebutkan, rencana reaktivasi empat jalur kereta api di wilayah Jabar telah mendapatkan respons positif dari pemerintah daerah, baik gubernur maupun wali kota Bandung. Sebab, tanpa mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, program pemerintah pusat ini akan sulit terealisasi. 

"Mudah-mudahan dengan aktif kembalinya jakur ini bisa membantu angkutan transportasi yang dibutuhkan karena kondisi sekarang sudah padat oleh lalu lintas, kata Edi.

Dia berharap, tahapan survei yang saat ini sedang berlangsung bisa selesai pada akhir tahun. Sehingga, pada awal 2019 atau Januari, PT KAI sudah bisa melakukan tahapan selanjutnya yakni Detail Engineering Design (DED). "Januari atau awal tahun depan diharapkan kami sudah melakukan DED," ujar dia.

Seperti diketahui, PT KAI tengah memfokuskan kembali rencana reaktivasi jalur kereta api di Jawa Barat. Ada empat jalur yang akan dihidupkan kembali diantaranya jalur Banjar-Cijulang-Pangandaran-Parigi, Garut-Cikajang, Cikudapateuh Bandung-Banjaran-Ciwidey, dan Rancaekek-Tanjungsari.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menilai, reaktivasi jalur kereta dipandang menguntungkan bagi masyarakat karena ada kemudahan transportasi. Menurutnya, daerah-daerah yang dilalui lajur kereta api dinilai bisa tumbuh perekonomiannya karena ada pergerakan orang dan barang, dengan aksesibilitas yang semakin mudah.


Editor : Himas Puspito Putra