Rawan Longsor, BPBD Cianjur Imbau Pengendara Hati-hati Lewati Jalur Puncak-Cipanas

Antara ยท Kamis, 23 Januari 2020 - 06:35 WIB
Rawan Longsor, BPBD Cianjur Imbau Pengendara Hati-hati Lewati Jalur Puncak-Cipanas
Ilustrasi (dok. iNews)

CIANJUR, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jawa Barat, mengimbau pengguna jalan yang melintas di kawasan Puncak-Cipanas, berhati-hati. Jalur tersebut banyak titik rawan longsor.

"Sejak awal tahun longsor kecil di jalur Puncak sering terjadi, meskipun tidak sampai mengganggu arus lalulintas. Tercatat lima laporan terkait longsor dijalur utama Cianjur-Bogor itu," kata Sekretaris BPBD Cianjur, Irfan Sofyan, Kamis (23/1/2020).

BACA JUGA:

Kawanan Monyet dari Gunung Ciremai Serbu Rumah dan Pertanian Warga Kuningan

Perahu Nelayan Terbalik Dihantam Ombak di Laut Jawa, 1 Orang Hilang, 7 Selamat

Tidak hanya longsor, di sepanjang jalur Puncak hingga Cianjur, juga rawan pohon tumbang ketika hujan turun deras disertai angin kencang. Pihaknya mengimbau pengendara untuk menghindari parkir di dekat pohon.

"Musim hujan seperti sekarang, pengendara yang melalui jalur Puncak harus ekstra waspada tidak hanya rawan longsor jalur tersebut sering terjadi pohon tumbang," katanya.

BPBD telah melaporkan hasil pemeriksaan ke dinas terkait di pemkab, provinsi dan pusat terkait keberadaan pohon di bahu jalan yang rawan tumbang. Dia meminta ada pemangkasan pohon segera.

"Sudah diminta pemangkasan," ucap Irfan.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq