Ratusan Rumah di Cianjur Rusak Diterjang Puting Beliung

Antara ยท Selasa, 11 Desember 2018 - 21:41 WIB
Ratusan Rumah di Cianjur Rusak Diterjang Puting Beliung
Ilustrasi angin puting beliung. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id - Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat ratusan rumah di dua kecamatan rusak akibat puting beliung yang terjadi pada Senin (10/12/2018) kemarin. Angin tersebut juga menyebabkan pohon tumbang dan putusnya jaringan listrik.

Sekretaris BPBD Cianjur, Sugeng Supriyatno, wilayah berdampak paling parah berada di Kecamatan Karangtengah. Angin puting beliung menerjang lima desa, yakni Desa Maleber, Bojong, Sukamanah, Sabandar dan Sindangasih.

"Desa Sindangasih yang terdampak luas dengan 180 rumah rusak dan dua orang luka ringan," kata Sugeng kepada wartawan di Kantor BPBD Kabupaten Cianju, Jabar, Selasa (11/12/2018).

Kemudian di Desa Sukamanah ada 60 rumah rusak, di Desa Maleber 200 meter lahan pertanian gagal tanam. Untuk desa lainnya seperti Sabandar dan Bojong hanya beberapa rumah yang terdampak, namun ada rambu dan lampu lalu lintas serta tiang jaringan listrik dan telepon yang tertimpa pohon.

"Terminal Rawabango juga terdampak, beberapa pohon tumbang dan fasilitas terminal rusak termasuk atap kios di area terminal beterbangan," katanya.

Sementara di Kecamatan Cilaku, sebagian besar rumah warga rusak di bagian atapnya. Seperti di Desa Munjul, 25 genting rumah terbawa angin, dan satu pabrik ambruk terkena hantaman puting beliung.

Ia menjelaskan dampak puting beliung kemungkinan bertambah, karena petugas masih melakukan pendataan di beberapa titik yang dilaporkan mengalami kejadian serupa. Namun saat ini pihaknya sudah melakukan penangnan pasca bencana bersama instansi terkait.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal