Ratusan Calon Penumpang di Bandara Husein Ramai-ramai Refund Tiket
BANDUNG, iNews.id - Ratusan calon penumpang empat maskapai yang akan melakukan perjalanan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Denpasar, Bali memilih melakukan refund (pengembalian).
"Saya memilih melakukan pembatalan keberangkatan ke Bali. Walaupun ada penawaran re-schedule, tetapi saya tidak ambil. Ini kan faktor alam. Kita tidak tahu kapan bisa aman," kata salah satu penumpang Lion Air asal Tasikmalaya, Okky di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/11/2017).
Dia mengaku, tetap melakukan perjalanan ke Denpasar menggunakan jalur darat.
"Rencananya akan memakai kereta api hingga Surabaya. Kemudian melanjutkan menggunakan bus atau travel ke Bali melalui Bayuwangi (Jawa Timur)," ungkapnya.
Okky mengaku, tidak ada kendala berarti pada saat proses refund, walaupun antrean cukup panjang. Semestinya, ada penambahan petugas sehingga calon penumpang tidak perlu berlama-lama saat memproses pembatalan penerbangan.
Manajer Operasi Bandara Husein Sastranegara Zainun Mansyur mengatakan, proses refund dan re-schedule secara umum berjalan lancar.
Kendati beberapa penumpang sempat ada yang marah-marah, namun setelah diberi penjelasan akhirnya mereka memakluminya.
"Ada yang marah-marah, karena sudah jauh-jauh dari Majalaya ke sini (bandara) dan batal terbang. Tetapi, ya bagaimana, karena ini alam. Juga ada pendapat penumpang bahwa ini hanya soal rute. Padahal yang di-close adalah Bandara Ngurah Rai-nya. Tapi setelah kami jelaskan, mereka paham," kata dia.
Lebih lanjut dia menjelaskan, ada empat maskapai yang melayani penerbangan dari Bandung ke Bali. Empat maskapai itu melayani enam penerbangan, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, dan AirAsia. Selain itu, ada enam penerbangan rute Bali-Bandung.
"Saya kira semua airline memenuhi kewajibannya. Ada yang refund dan re-schedule. Semua dilakukan di costumer services di Bandara Husein ini," kata dia.
Editor: Maria Christina