Rapat Paripurna Istimewa, DPRD Jabar Kenalkan Emil-Uu

Yogi Pasha ยท Rabu, 25 Juli 2018 - 12:42 WIB
Rapat Paripurna Istimewa, DPRD Jabar Kenalkan Emil-Uu
Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Terpilih, PJ Gubernur Jabar dan para pimpinan DPRD Jabar foto bersama usai rapat paripurna istimewa, Rabu (25/7/2018). (Foto: iNews.id/Yogi Pasha).

BANDUNG, iNews.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Barat (DPRD Jabar) resmi memperkenalkan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih 2018-2023, Ridwan Kamil atau EMil dan Uu Ruzhanul Ulum kepada anggotanya. Perkenalan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna istimewa yang berlangsung di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Rabu (25/7/2018).

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, rapat paripurna istimewa tersebut sesuai dengan amanat undang-undang dimana dalam waktu lima hari,  DPRD wajib mengumumkan pasangan Gubernur Terpilih 2018-2023 kepada masyarakat. Selain itu, DPRD Jabar akan memproses Surat Keputusan (SK) KPU terkait penetapan pasangan pemenang Pilgub Jabar untuk dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar bisa dilantik Presiden.

"Kami tidak perlu menunggu lima hari. Satu hari setelah menerima salinan SK penetapan pasangan Gubernur Jabar Terpilih dari KPU,  kami langsung menggelar sidang paripurna istimewa hari ini. Alhamdulillah, hari ini kami bisa mengumumkan sesuai amanat undang-undang tersebut," kata Ineu usai Sidang Paripurna Istimewa.

Dia menjelaskan, usai sidang DPRD akan segera memproses seluruh kebutuhan administrasi untuk disampaikan ke Presiden melalui Mendagri. Bahkan,  kata Ineu, jika proses administrasi selesai hari ini, Kamis (26/7) besok akan langsung dikirimkan ke Jakarta.

"Secepatnya kalau hari ini administrasi selesai besok kami kirimkan. Surat keputusan rapat paripurna berupa berita acara dan hasil dari KPU kami sampaikan ke Presiden Jokowi melalui Mendagri. Alhamdulillah ketua KPU Jabar sudah menyiapkan administrasi secara lengkap melalui DPRD tinggal menunggu berita acara rapat istimewa hari ini," ujar dia.

Terkait Jabar ke depan, Ineu mengaku telah membicarakan kesamaan visi dan misi bersama gubernur terpilih di dampingi pimpinan DPRD serta ketua fraksi. Dalam pertemuan tersebut dibahas langkah apa yang akan dilakukan Ridwan Kamil dan Uu selama memimpin Tanah Pasundan.

"Tadi sebelum rapat paripurna istimewa saya juga sudah bertemu dengan gubernur terpilih bersama pimpinan dan ketua-ketua fraksi tentunya, kami ingin berbicara tentang Jabar ke depan," kata dia.

Ineu menekankan, harus ada sinergi antara DPRD dan pimpinan di Pemprov Jabar yang akan dikomandoi Ridwan Kamil dan Uu. Karena menurutnya, baik legislatif maupun eksekutif sama-sama pejabat yang bertugas memajukan Jabar.

Seperti diketahui,  KPU Jabar telah mengumumkan dan menetapkan Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih Periode 2018-2023. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum memperoleh 7.226.254 suara, nomor urut 2 TB Hasanuddin-Anton Charliyan 2.773.078 suara, nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu 6.317.465 suara, dan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 5.663.198 suara.


Editor : Muhammad Saiful Hadi